1 Kunci Sukses dalam Bidang Perdagangan

Menjadi seorang wirausaha sukses, bahagia dan terkenal, siapa yang tak mau? Merintis barang-barang dagangan mulai dari 0 (nol), mengeluarkan tetesan keringat, berlomba-lomba mengeluarkan produk dan jasa terbaik, bahkan ada yang mempunyai trik marketing dengan teriakan keras menawarkan barang dagangan, “Mijon, mijon, tahu bulat, kacang goreng, kacang rebus!!!”.

Melelahkan, bukan? Ketika bertanya kepada seorang penjual, “engga haus teriak-teriak gitu, mas?,” Hampir semua pedagang bilang, “biar ada yang beli,”.

Sedikit pindah, dari pedagan asongan, Saya ingin bercerita tentang pemilik toko. Tak ingin mensombongkan diri, Saya memang sering keliling kota Purwokerto mencari sparepart komputer untuk dijual lagi ke orang lain yang membutuhkan dengan harga yang sedikit lebih dimahalkan.

Berpindah dari toko satu ke toko lain, memperhatikan cara pemilik toko menjual barang-barangnya, meladeni pembelinya, dengan berbagai macam variasi pembeli, ada yang menyebalkan, ada yang menyenangkan, ada yang suka ngeyel, bahkan ada juga calon pembeli yang datang hanya untuk bertanya-tanya tentang harga. Sungguh menjengkelkan jika berada di posisi menjadi penjual ketika bertemu pembeli seperti itu.

✔ Populer :  Mengintip Kisah Sukses Sylvester Stallone

Tapi apa sih kunci yang sebenarnya membuat para pemilik toko itu bisa memiliki toko besar, yaitu senyum yang ramah. Banyak dari pemiliki toko sukses, selalu memiliki senyum yang murah, selalu meladeni para pembeli yang menjengkelkan dengan cara menarik bibir sedikit ke atas.

Ya, itulah intinya. Untuk menjadi penjual, wirausaha, atau pemilik toko yang sukses, Anda harus memiliki senyum yang murah. Jangan pernah merasa kesal dengan pembeli yang kadang-kadang memang menjengkelkan.

Percaya atau tidak, banyak teman Saya yang menjadi pemilik toko, semuanya selalu menebar senyum manisnya kepada pelanggan. Ketika Saya bertanya, “kok pelanggan kaya gitu diladeni sambil tenang ikhlas seperti itu??,” Apa jawaban mereka? Sama! Kunci menjadi pemilik toko adalah murah senyum.

“Orang yang tak punya wajah senyum harusnya tak usah buka toko”. (Pepatah Cina)

“Membuat toko itu mudah, mebuatnya tetap buka itu seni”. (Pepatah Cina)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.