10 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Menghadapi Hari Libur

Apa aja kebiasaan orang Indonesia saat hari libur? Apa yang sebaiknya kita lakukan saat libur?

Apa aja kebiasaan saat liburan udah tiba
Kalau cuma berada di rumah kita merana
Jadi jangan hanya berdiam tunggu aba-aba
Lebih baik lakukan sesuatu yang berguna

Halo Mas dan Mbak Bro…. Udah ada rencana mau liburan kemana? Udah tahu mau ngapain liburan nanti?

Merah itu memang indah ya. Yah, kecuali buat cewek-cewek dan orang-orang yang lagi buru-buru.

Setiap melihat kalender, cuma hari yang berwarna merah menjadi incaran mata. Kapan nih hari libur? Syukur-syukur kalau ada HarPitNas alias Hari Terjepit Nasional. Hari dimana terpaksa diliburkan (atau meliburkan diri) karena hari ini dan lusanya adalah tanggal merah. 🙂

Lalu liburan ngapain aja?

Menghibur diri dan menenangkan diri adalah dua pilihan yang pasti terjadi saat masa liburan. Ada yang menghibur diri dengan memilih dengan jalan-jalan ke tempat wisata atau berkunjung kerumah keluarga. Ada memilih menenangkan diri dengan bersantai di rumah tanpa melakukan kerjaan yang memberatkan fisik dan pikiran.

Yah, itulah beberapa kegiatan yang biasa orang Indonesia lakukan. Lalu lebih jelasnya apa aja sih 10 kebiasaan orang Indonesia saat menghadapi hari libur?

Dari pengalaman sendiri dan setelah bertanya sama beberapa temen. Ini jawabannya.

Begadang

Buat yang biasanya harus bangun pagi dan berangkat kerja. Begadang itu adalah pantangan. Udah kayak minum racun karena besok bisa berakhir “kematian” di kantor.

Jadi kalau “Lagu Sherina Kecil” udah berkumandang. Maka itu adalah Himne Kemerdekaan untuk mereka.

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba
Hore hore hore

Malam ini ga perlu takut apa-apa. Mau nonton sampe jam berapa, nongkrong sampe jam berapa pun. Santai kayak di pantai.

Bangun siang

cewek tidurMasih punya hubungan dengan yang pertama tadi. Bangun itu saudara kandung sama begadang. Mereka berdua sangat gak bisa untuk dipisahkan. Hari-hari  terasa ada yang kurang kalau begadang tanpa bangun siang. 🙂

Betul atau betul?

Dan di saat hari libur, ini adalah kegiatan paling nikmat di pagi hari. Lebih nikmat daripada nasi goreng dan susu yang udah tersedia di meja makan.

Nonton seharian

tiduran main smartphonePernah dengar istilah “Bobo cantik” Mas Bro dan Mbak Bro?

Hmm, buat yang belum tahu. Bobo cantik adalah kegiatan yang wajib dilakukan para cewek, setelah bangun. Posisinya udah bangun tapi masih tergeletak tak bertulang di kasur sambil melakukan aktivitas gak jelas.

Yang paling sering sih, mata dan jempol bertanding dengan telepon pintar. Kebiasaan lain biasanya adalah nonton. Kalau udah di depan tipi atau laptop, nonton seharian dalam posisi bobo cantik adalah kegiatan sakral, meskipun kamar mandi udah menunggu.

Kelayapan gak jelas

kelayapan jalanSewaktu bertanya sama seorang temen kalau libur ngapain?

Dia bingung mau jawab apa. Padahal kalau lagi masa-masa kuliah atau kerja, pengennya selalu libur. Berdoa dosen gak masuk lah, alasan sakit lah, bahkan pernah ada yang alasan ada keluarga meninggal, padahal semua keluarganya sehat-sehat aja.

Eh, begitu libur tiba. Kegiatannya bukan sesuatu yang berguna. Cuma keluar kosan, gak jelas kemana. Pokoknya asal jangan diam di kos dan rumah. Lalu asal ga terbeban pekerjaan rumah dan tugas kuliah. Itulah liburan yang terbaik.

Main ke rumah temen

main ke rumah temanBuat makhuk sosial dengan sejuta temen. Kegiatan yang satu ini adalah kebiasaan yang ga bisa ditinggal. Liburan tanpa main kerumah temen itu kayak sayur tanpa micin. Yah, terkadang kalau ga ada micin juga ga apa-apa.

Nah, kegiatan ini paling nikmat buat anak kos dan biasanya dilakukan di akhir bulan. Karena swa-sembada pangan sangat membantu meminimalisir Anggaran Perbelanjaan Anak Kos.

Jalan-jalan

jalan-jalan liburanGa peduli siapapun, kebiasaan jalan-jalan ini hanya akan terjadi kalau awal bulan. Masa-masa dimana rekening sedang basah. Khususnya buat mahasiswa dan karyawan baru yang masih berdompet sedang-sedang aja.

Buat yang udah berkeluarga mah, urusan makan dan biaya pendidikan di atas segalanya.

Melakukan hal baru

Buat orang-orang yang ditakdirkan untuk sukses. Maka melakukan sesuatu hal yang baru adalah kebiasaan wajib saat liburan. Ga peduli kegiatan apa itu. Meskipun akan berhubungan dengan pekerjaan atau hobi. Ga peduli akan memakan waktu, tenaga, uang, atau pikiran. Selama hal baru itu bisa berguna untuk mengembangkan diri. Maka akan dilakukan.

Kumpul dengan keluarga

berkumpul bersama keluargaDaripada menghabiskan waktu dengan orang lain. Daripada mengeluarkan uang untuk pergi ke negeri orang lain. Lebih baik di negeri sendiri, disini di rumah sendiri.

Cukuplah tiap hari pergi pagi pulang sore untuk membuat kompor d idapur masih menyala. Kalau liburan udah tiba. Lagu Sherina harus kita wujudnyatakan dong. Buat menjadi suka cita dengan kumpul sama keluarga.

Buat orangtua memikirkan anaknya dengan melupakan pekerjaannya dan buat anak berkumpul sama orangtuanya dengan meninggalkan pacarnya.

Haa, ditinggalkan?

Tenang cuma sementara.

Internet Mania

internetan seharianBuat yang ga punya agenda jelas, ga punya temen untuk dikunjungi, ga ada temen yang bisa diajak susah. Agenda seharian berseluncur di dunia maya sendiri bisa jadi pilihan.

Kebiasaan menyendiri bisa disalurkan di hari libur dengan membaca artikel di internet, jelajah ala anak kepo, nonton video online dan main game. Kebiasaan ini udah cukup menghibur buat makhluk penyendiri.

Tetap Kerja

Hah, selanjutnya kebiasaan paling berat ini harus dibuat dipintu terakhir. Kebiasaan yang satu ini sebenarnya ga dianjurkan.

Tapi….

Tapi kalau bini lagi nagih barang baru, anak butuh uang sekolah, dan ada rencana lain yang “berinisial” uang. Maka agenda menyamakan hari libur dengan hari biasa bisa dimaklumi.

Cuma pastikan otak, badan, dan hati kita bisa menyatu untuk mengambil keputusan ini dan melakukannya dengan baik.

Ga ada hari yang lebih nikmat
Selain hari libur dan hari minggu
Pada hari itu ga perlu cari alamat
Sebab agenda jalan udah menunggu

BAGIKAN
Semua orang bisa berbagi apa aja. Tinggal memilih apa dan untuk siapa. Tulisan ini adalah salah satunya.