10 Tips Mencegah Gangguan Mental

Dalam hal gangguan mental, pencegahan jauh lebih baik dibanding mengobati. Satu gangguan mental dapat dengan cepat berkembang tidak terkontrol dan menghancurkan hidup.Selain itu, banyak gangguan mental, jika telah berlarut, sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk diobati. Karena itu, upaya mencegah terjadinya gangguan mental menjadi hal yang amat penting.

Berbagai hal dapat menyebabkan gangguan mental, seperti pekerjaan, karir, cinta, rumah tangga dan sebagainya. Memang banyak hal dalam hidup tidak sepenuhnya di bawah kendali kita, tapi juga banyak hal yang Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental.

Inilah 10 tips yang dapat membantu Anda:

1. Jaga kesehatan fisik

Tidak diragukan lagi, kesehatan fisik amat berperan penting untuk kesehatan mental. Kesehatan fisik yang buruk terbukti ikut memperburuk kesehatan mental seseorang.

Olahraga serta kebiasaan makan yang sehat bukan hanya berguna untuk kesehatan jasmani semata, tapi juga untuk kesehatan mental Anda.

2. Jaga otak selalu bekerja

Jika pekerjaan Anda membosankan dan tidak memiliki tantangan, hanya berupa rutinitas yang datar-datar saja, cobalah melakukan hal lain untuk memacu otak Anda tetap bekerja. Beri tantangan pada diri sendiri.

✔ Populer :  Tips Menjadi Pribadi Bermental Baja

Jika otak Anda dibiarkan tidak mendapatkan rangsangan yang menantang, lambat laun akan mati, dan itu adalah awal depresi berkepanjangan yang dapat menimbulkan gangguan mental yang serius.

Belajar bahasa baru keterampilan baru, memilih hobi yang menantang, bermain catur, puzzle, dan sejenisnya dapat membantu otak Anda tetap mendapat tantangan agar selalu memiliki kemampuan memecahkan masalah sepanjang kehidupan.

3. Mengendalikan amarah

Kemarahan dapat merusak hubungan serta kesehatan. Untuk itu cobalah belajar untuk mengatur dan mengendalikan amarah. Jangan biarkan kemarahan mengendalikan dan menghancurkan hidup Anda.

4. Mengontrol dan menurunkan stres

Stres sangat buruk terhadap kesehatan. Stres berperan dalam penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko stroke, obesitas dan diabetes.

Stres dapat menghancurkan kebahagiaan. Oleh karena itu, buatlah prioritas, mendelegasikan tugas, serta hal-hal lain yang dapat membantu Anda mengurangi stres. Memiliki hobi, adalah hal yang cukup banyak membantu.

5. Menjaga hubungan baik

Banyak riset telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki hubungan baik baik dan harmonis dalam jangka panjang, lebih sehat dan bahagia.

✔ Populer :  Apakah Hal-hal Fisik Mempengaruhi Kesehatan Mental

Karenanya, jagalah selalu hubungan baik dengan orang-orang terpenting di dalam hidup Anda. Mereka lah yang membuat Anda menjadi kuat.

6. Ambil waktu untuk bersenang-senang

Keluarlah dari rutinitas dan lakukan hal-hal yang Anda senangi. Tertawa, melakukan perjalanan, menghabiskan waktu bersama teman, bermain, serta lakukan hal apapun yang membuat Anda bahagia.

7. Melakukan apapun dengan rasa percaya diri

Kepercayaan diri yang rendah, berhubungan erat dengan kesehatan mental yang rendah pula. Selain itu juga ternyata berkaitan dengan gangguan dan hilangnya selera makan, menarik diri dari pergaulan, mengisolasi diri dan sebagainya.

Lakukanlah hal-hal yang membantu Anda tetap memiliki percaya diri yang tinggi.

8. Berpikir positif

Selalulah berpikir, dan jangan menganggap segala sesuatunya secara serius. Berpikir bahwa gelas itu setengah penuh, bukannya setengah kosong, adalah melulu tentang perspektif dan cara Anda memandang sesuatu.

Selalu ada sisi positif dalam setiap hal, carilah hal positif tersebut, sambil tetap mengupayakan solusi untuk keluar dari masalah.

9. Tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang kurang, diketahui adalah salah satu faktor yang meningkatkan resiko penurunan kesehatan, baik fisik maupun kesehatan mental.

✔ Populer :  Apakah Hal-hal Fisik Mempengaruhi Kesehatan Mental

Karena itu, pastikan tidur yang cukup. Beristirahatlah. Dengan tidur, tubuh menjadi lebih siap lagi menghadapi tantangan berikutnya.

10. Jangan malu mencari bantuan

Jika segala sesuatunya terasa begitu berat, dan Anda menemukan diri Anda sendiri berada pada kondisi yang tidak menguntungkan, carilah bantuan.

Berbagilah dengan orang-orang terdekat, minta pendapat dan saran dari mereka. Jika semua itu belum berhasil, maka sudah waktunya Anda menghubungi seorang profesional. Mereka pasti akan banyak membantu, karena mereka memiliki keahlian dan sumberdaya untuk membantu Anda keluar dari tekanan berat yang Anda alami.

Salam.

BAGIKAN