2 Cara Membahagiakan Orang Tua Tanpa Harus Mengeluarkan Uang

Kita sering mendengar cita-cita dari seorang anak yang ingin membahagiakan orang tuanya suatu saat nanti. Kenapa harus suatu saat nanti jika kita bisa bahagiakan mereka berdua saat ini juga?

Orang tua tidak menuntut banyak hal kepada anaknya, orang tua hanya menginginkan kesuksesan, kapatuhan dan kebahagiaan dari seorang anak.

Iklan

Dari tiga hal di atas, orang tua hanya mendambakan kepatuhan dari seorang anak kepada orangtuanya, sebagai bukti kasih sayang seorang anak dan perhatian seorang anak kepada orang tuanya. Kesuksesan yang besar hanyalah bonus bagi mereka yang akan kita berikan suatu saat nanti, mereka hanya meminta satu hal yaitu kepatuhan dan kebaktianmu kepada mereka berdua.

Di bawah ini ada 3 hal yang akan membuat orang tua bahagia meski tanpa perlu mengeluarkan uang atau pun materi:

1. Diam ketika mereka berbicara

Kebanyakan anak sekarang mulai membantah, berargumen, mendebat orang tuanya seperti adegan sinetron yang selalu terjadi pertengkaran di setiap episodenya. Setinggi apa pun pendidikanmu, seberapa banyak apa pun gelar yang kau miliki, sebanyak apa pun gaji yang kau punyai atau sepopuler apa pun dirimu, itu tidak akan pernah cukup untuk menyamai apalagi menggantikan derajat ayah dan ibumu.

Karena tanpa adanya mereka kita tidak akan pernah lahir ke dunia. Ingatlah wahai kawanku, seonggok ijazah yang kau miliki yang kau sajikan kepada mereka tidak akan pernah mampu menggantikan kebahagiaan mereka dibandingkan kau diam dan mendengarkan ketika dinasihati. Sudah seharusnya ketika pendidikan yang kita tempuh mulai beranjak ke perguruan tinggi, maka adab dan akhlak pun harus lebih diutamakan.

Iklan

Karena semua gelar akan percuma, jika kita masih membangkang kepada mereka, kita justru seperti keledai yang membawa buku-buku di pundaknya. Hal ini hanya akan melelahkan dan akan membebani hidup kita, karena ilmu yang tidak sampai ke hati itu tiadalah bermanfaat sama sekali. Untuk itu agar ilmu yang telah kita capai, kita perjuangkan selama ini membawa manfaat bagi kita dan masyarakat sekitar.

Maka kita harus membawanya dengan hati, kita melaksanakan ilmu yang telah kita pelajari. Bukankah orang yang berilmu bagaikan padi, makin tinggi makin merunduk?

Oleh sebab itu semakin tinggi pendidikan yang kita tempuh, kita harus semakin berakhlak dan beradab. Inilah cara termudah untuk kita membahagiakan kedua orang tua tanpa harus menunggu waktu yang lama, baik besok atau suatu saat nanti.

2. Melaksanakan perintah orang tua dengan segera

Kita sering meremehkan perintah dari orang tua. Seremeh apa pun perintah yang diberikan orang tua seharusnya kita melaksanakannya dengan segera, karena jika kita menunda-nunda perintah dari mereka, ini akan membuat hati mereka sakit tanpa kita sadari.

Ada orang tua yang melampiaskan sakit hatinya kepada anaknya dengan memarahi. Namun ada juga orang tua yang tidak menyampaikan rasa kesal dan sakit hatinya kepada anaknya. Bahkan terkadang ia melaksanakan sendiri apa yang diperintahkan kepada anaknya, padahal anaknya berada di rumah bermain dan santai .

Atau bahkan orang tua menyuruh orang lain untuk melaksanakan tugas tersebut. Mungkin kita menganggap ini sudah selesai dan sudah menjadi angin lalu. Tapi sebenarnya tidak, orang tua masih tetap merasakan sakit hati karena ketidakpatuhan anaknya.

Jika memang engkau sayang kepada orang tuamu, laksanakanlah dengan segera apa yang telah diperintahkan oleh mereka. Berpikirlah jika ini adalah perintah terakhir yang diberikan orang tua kepadamu, ini adalah pertemuan terakhir dirimu dengan dirinya, hingga tanpa sadar kau menitikkan air mata sebelum melaksanakan perintah tersebut. Dengan hal ini engkau bergegas bahkan berlari untuk menunaikannya.

Jika engkau benar-benar ingin membahagiakan kedua orangtuamu, tidak perlu menunggu suatu saat nanti, karena kita bisa membahagiakan mereka detik ini juga, yaitu dengan merubah sikap dan perilaku kita kepada mereka. Melaksanakan perintah mereka dengan segera dan penuh senyum dan penuh kebahagiaan. Maka engkau akan melihat pancaran sinar kebahagiaan yang memancar dari wajah orang tuamu, dan di situlah engkau dapat melihat cahaya surga di dunia ini.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC