3 Gunung di Sumatera Barat Ini Bisa Dijadikan untuk Upacara Bendera 17 Agustus

17 Agustus merupakan tanggal yang sakral bagi rakyat Indonesia, karena pada tanggal itulah Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal ini semua instansi, baik pemerintahan maupun swasta melaksanakan upacara bendera.

Melaksanakan upacara bendera di sekolah atau kantor itu sudah biasa. Pernahkan Anda melaksanakan upacara bendera di Gunung? Selain untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia, upacara di gunung juga bisa sekalian menikmati indahnya alam Indonesia yang kita cintai ini.

Iklan

Jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat atau sedang berada di Sumatera Barat, Anda bisa memilih 3 gunung ini untuk melaksanakan upacara Bendera.

Berikut 3 gunung di Sumatera Barat yang bisa dijadikan tempat untuk Upacara Bendera 17 Agustus.

1. Gunung Marapi

Upacara di Gunung Marapi

Tempat pertama yang paling banyak dikunjungi untuk upacara bendera 17 Agustus adalah di Gunung Marapi. Gunung Marapi terletak di tiga daerah yaitu Kabupaten Agam, Tanah Datar dan kota Padang Panjang. Jalur pendakian yang biasa digunakan adalah melalui jalur dari Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Di gunung yang memiliki ketinggian 2891 mdpl ini biasanya para pendaki melaksanakan upacara bendera di tempat yang diberi nama Lapangan Bola. Lapangan bola di Gunung Marapi sendiri adalah dataran luas seperti lapangan bola yang terletak di puncak Gunung Marapi.

Anda bisa melaksanakan upacara bersama kelompok Anda sendiri maupun dengan kelompok pendaki lain.

2. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang terbentang di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan ketinggian 2.877 mdpl. Sebelum menuju puncak tertinggi dari Gunung Singgalang, ada sebuah telaga yang diberi nama dengan Telaga Dewi.

Telaga Dewi terbentuk dari bekas kawah gunung api, karena memang dulunya gunung Singgalang adalah gunung berapi dan sekarang sudah tidak aktif lagi. Untuk mendaki gunung yang bersebelahan dengan Gunung Marapi ini anda memulainya dari desa Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar.

Di dekat Telaga Dewi ada sebuah lapangan yang ukurannya tidak sebesar Lapangan Bola di Gunung Marapi. Di lapangan inilah Pendaki Gunung Singgalang biasa melaksanakan upacara bendera 17 Agustus. Pada peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke-70 kemarin, pendaki di Gunung Singgalang ini membentangkan bendera yang sangat besar di Cadasnya hingga kelihatan dari puncak Gunung Marapi.

3. Gunung Talang

Gunung TalangGunung Talang merupakan gunung kedua di Sumatera Barat yang paling sering dan banyak didaki oleh pendaki di Sumatera Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.597 mdpl ini berdiri kokoh di Kabupaten Solok. Di puncak Gunung Talang ini ada sebuah danau yang terbentuk dari bekas kawah yang diberi nama Danau Talang.

Di gunung yang memiliki empat buah kawah ini bisa melaksanakan upacara di cadas yang sangat luas.

Nah, jadi apakah Anda tertarik melaksanakan upacara bendera Agustusan di gunung, dan sudah menentukan gunung yang mana?

Tentu saja perlu harus ingat, di mana pun Anda melaksanakan upacara, jangan pernah sampai meninggalkan sampah dan jangan mengambil apapun selain foto.

Iklan
loading...
BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.