3 Hal yang Membuat Printer Cepat Rusak

Printer adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk mencetak foto keluarga, dokumen kerja, makalah, skripsi dan berbagai macam kebutuhan lainnya.

Namun karena kelalaian yang sering kita lakukan sering membuat printer yang kita beli cepat rusak.

Berikut ini adalah 3 hal yang bisa membuat printer cepat rusak:

1. Membiarkan katrid kosong tanpa tinta

Katrid memiliki microchips yang berperan amat penting bagi sebuah printer agar bekerja dengan baik. Microchips inilah yang akan mengatur jumlah tinta. Nmaun, seringkali tinta tidak bisa keluar karena tersumbat oleh tinta yang mengering.

Karena itu, katrid yang kering tanpa tinta akan membuat katrid ini rusak dan tidak bisa dipakai kembali. Oleh sebab itu sebaiknya jangan membiasakan meninggalkan katrid kosong tanpa tinta.

2. Sering melakukan overprinting

Saya memakai printer Canon IP Series dan telah melakukan pencetakan ribuan lembar kertas dan sampai saat ini printer masih dalam keadaan prima. Sementara sahabat saya juga menggunakan printer yang sama namun bisa rusak dalam satu malam. Hal ini terjadi karena biasanya seseorang ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaannya dengan melakukan pencetakan dokumen sekaligus.

Padahal ketika kita melakukan pencetakan dokumen sekaligus dalam jumlah yang sangat banyak tanpa ada jeda, akan membuat katrid cepat jebol dan tidak bisa digunakan lagi.

3. Terlalu sering mencetak hasil scanning

Sebenarnya ketika kita mencetak hasil scan, katrid akan bekerja selayaknya dia mencetak foto. Dia akan mencetak seluruh hasil scanning ke dalam kertas yang kita gunakan. Dan terkadang ada juga printer yang sekaligus terdapat scan ner di atasnya.

Biasanya printer jenis ini katridnya akan lebih cepat rusak daripada printer yang tidak memiliki fasilitas scan di dalamnya, karena biasanya pemilik printer yang memiliki fasilitas scan tidak mau repot dan langsung fotokopi dokumen yang akan digandakan.

Padahal mencetak hasil scan dalam jumlah banyak akan lebih cepat membuat katrid rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Oleh karena itu jika anda ingin mengkopi dokumen dalam jumlah banyak, sebaiknya mem-fotocopy-nya saja di tempat fotokopi.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC