3 Kebiasaan Baik yang Harus Anda Lakukan Sebelum Tidur

Sebenarnya manusia itu menghabiskan sebagian waktunya dengan tidur. Akan tetapi banyak di antara kita yang tidak menggunakan waktu tidur dengan sebaik-baiknya. Ini akan menyebabkan tidur kita kurang berkualitas, padahal tidur yang berkualitas dapat mengembalikan kinerja organ, sel, dan juga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal.

Di bawah ini adalah tiga kebiasaan baik yang harus anda lakukan sebelum tidur pada malam hari:

Iklan

1. Menggosok gigi sebelum tidur

Gigi adalah aset terbesar yang kita miliki. Karena pada usia 20 tahun ke atas, gigi yang tumbang tidak bisa tumbuh kembali. Oleh karena itu kita wajib menjaganya dengan sebaik-baiknya. Ketika seseorang tidur dia tidak memiliki aktivitas mengunyah dan minum seperti di siang hari.

Jika kita membiarkan gigi dalam keadaan kotor sebelum tidur dengan makan sebelum tidur atau kita tidak menggosok gigi sebelum tidurl, maka sisa-sisa makanan di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan gigi berlubang, serta berkembangnya bakteri.

Ini yang menyebabkan banyak masalah kesehatan mulut, seperti bau mulut, gigi berlubang dan lainnya. Untuk itu, sebelum tidur, sempatkan untuk menggosok gigi agar keadaan gigi tetap dalam keadaan bersih selama 8 jam.

2. Membersihkan muka sebelum tidur

Jerawat adalah masalah setiap orang, apalagi untuk remaja. Jerawat bisa timbul karena reaksi hormonal dalam metabolisme tubuh. Jerawat juga bisa timbul karena bakteri dan kebiasaan buruk yang kita lakukan.

Iklan

Biasanya jerawat muncul ketika wajah kotor, terpapar oleh polusi ketika berkendara tanpa masker atau tanpa helm, sehingga debu-debu menempel di wajah. Selain itu, ternyata jerawat bisa timbul karena kita tidur dalam keadaan muka yang tidak bersih.

Ada kebiasaan baik yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat, yaitu mencuci muka sebelum berangkat tidur atau bisa juga menggunakan pembersih wajah.

Dengan mencuci muka sebelum tidur, maka ketika kita bangun di pagi hari, wajah akan terasa segar. Bahkan badan kita akan sedikit lebih bugar dari biasanya.

3. Mencuci kaki sebelum tidur

Ini adalah kebiasaan baik yang tidak banyak dilakukan. Padahal menjaga kaki tetap bersih saat akan tidur memiliki beberapa keuntungan. Dengan menjaga kaki tetap bersih akan mengurangi keretakan pada kulit kaki.

Kaki yang kotor membuat kulit kaki kering dan juga membuat kulit kaki retak-retak, pecah bahkan terkadang ada sedikit bulatan-bulatan kecil yang akan mengelupas saat kita bangun pada pagi hari.

Menjaga kebersihan kaki juga bisa menjaga kebersihan kuku anda sehingga anda terhindar dari jamur pada kuku kaki anda. Dengan menjaga kebersihan kaki ketika tidur, anda akan bugar ketika bangun.

Menggunakan sikat yang lembut untuk menterapi syaraf di bawah kaki, menggosoknya dengan lembut, anda akan merasa ringan dan bugar ketika anda bangun pada pagi hari.

Itulah 3 hal baik yang harus sebisa mungkin dijadikan kebiasaan sebelum berangkat tidur. Selain itu, dengan semua hal di atas, akan sangat membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas, lebih lelap dan tentu saja, membantu tubuh Anda senantiasa sehat dan bugar sepanjang hari.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC