3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Password Mudah Diretas

Pernahkah Facebook anda yang di-hack orang kemudian tiba-tiba ada sebuah posting nyeleneh yang sangat mengganggu bagi diri Anda. Jika Anda mengalami hal ini dan Anda masih bisa login ke dalam Facebook maka sebaiknya Anda langsung mengganti password yang Anda miliki.

Karena bisa saja orang ini tidak sengaja masuk ke facebook Anda karena kesalahan yang sering kita lakukan kemudian dia iseng dengan mengerjai Anda dengan posting hal-hal aneh yang tidak Anda sukai. Hal ini juga bisa terjadi pada jejaring sosial yang lainnya misalkan Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Dan yang paling berbahaya adalah ketika data pribadi kita bisa diakses orang, privasi kita bisa terbongkar ke publik padahal semua itu sebenarnya bukanlah hal yang bisa dipublikasikan melalui media publik. Oleh karena itu untuk menjaga keamanan password kita sebaiknya kita tidak melakukan 3 kebiasaan buruk yang membuat password mudah diretas orang.

3 kebiasaan yang dapat membuat password kita mudah diretas adalah sebagai berikut :

1. Melakukan join password

Join password yang dimaksud disini adalah saling tukar password. Biasanya dilakukan oleh pasangan muda-mudi yang sedang jatuh cinta. Sebenarnya hal ini bisa berbahaya karena orang yang kita beri password terkadang bisa saja secara tidak sengaja memberitahukan password kita kepada orang lain.

Dia masuk ke akun yang kita miliki kemudian dia lupa logout dan bisa juga karena terjadi sesuatu permasalahan antara Anda berdua. Kemudian dia melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu jika hal yang Anda protect dengan password adalah sangat privasi. Sebaiknya Anda tidak melakukan join password. Hal ini dilakukan demi keamanan Anda dan juga data yang anda miliki.

2. Menggunakan kombinasi password yang buruk

Sebenarnya untuk segala jenis akun Anda harus memiliki password yang baik dan Anda harus mengetahui cara membuat password yang baik kuat dan tahan lama. Hal ini dimaksudkan agar password Anda tidak mudah ditebak orang lain.

Iklan

Sehingga privasi dan data pribadi anda bisa diamankan dengan baik. Salah satu password yang paling mudah ditebak adalah kombinasi angka ulang tahun Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda jangan menggunakan kombinasi ini untuk membuat sebuah password.

3. Sering lupa logout

Anda bisa saja mengakses data pribadi anda maupun jejaring sosial Anda menggunakan warnet ataupun laptop kantor yang biasanya digunakan oleh orang-orang secara umum. Sehingga laptop Anda bisa diakses oleh siapapun. Oleh karena itu sebaiknya jangan biasakan mematikan laptop tanpa logout dari jejaring sosial maupun akun pribadi Anda seperti email dan juga beberapa akun privasi lainnya.

Karena biasanya jika anda tidak logout terlebih dahulu akses ke dalam jejaring sosial Anda masih tersimpan di dalam peramban. Sehingga tanpa password pun orang-orang bisa masuk ke jejaring sosial Anda dengan leluasa.

Inilah 3 kebiasaan buruk yang membuat password Anda mudah diretas orang yang harus Anda hindari.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC