3 Kewajiban Orang Tua kepada Anaknya

Memiliki anak adalah idaman bagi setiap orang yang telah berumah tangga. Dan semua orang pasti menginginkan memiliki anak yang cerdas, shaleh, serta menurut kepada orang tuanya.

Namun sebaliknya, orang tua juga memiliki tugas dan kewajiban yang harus dilakukan. Adapun kewajiban dasar sebagai orang tua yang harus Anda penuhi antara lain:

1. Memberikan nNama yang baik kepada anak

Mungkin Anda sering mendengar istilah “apalah arti sebuah nama”, ini tidak berlaku sebagai orang tua. Karena nama adalah gelar yang akan disandangnya dari kecil hingga dewasa, seumur hidupnya. Karena itu. orang tua tidak boleh memberikan nama anak dengan asal-asalan, melainkan harus benar-benar dipertimbangkan agar nama yang diberikan baik bagi si anak.

2. Mengajari sunah Rasulullah

Untuk menjadikan anak agar menjadi anak yang shaleh dan sholehah, maka tidak ada teladan yang lebih mulia dan tidak ada pribadi yang lebih patut dicontoh kecuali Nabi kita Muhammad SAW. Oleh sebab itu, hendaknya orang tua mengajari dan mencontohkan sunah-sunah Nabi kepada putra-putrinya, seperti membaca basmalah ketika hendak makan, mengucapkan salam ketika masuk dan keluar rumah dan lain sebagainya.

3. Berlaku adil dalam mendidik anak

Pendidikan dari orang tua adalah pendidikan yang utama, karena ia adalah dasar dari pendidikan selanjutnya. Sehingga orang tua harus bersikap adil dalam mendidik. Adil di sini juga mencakup tata cara pengajaran orang tua kepada anak. Orang tua dilarang melampaui batas dan juga tidak boleh terlalu lemah kepada anaknya. Tidak boleh berlebih-lebihan dalam memukul dan juga orang tua tidak boleh membiarkan anaknya seenaknya sendiri tanpa teguran.

Itulah 3 kewajiban selaku orang bagi anak-anaknya. Semoga sebagai orang tua dapat membimbing putra-putri kita menjadi anak yang berbakti, mandiri dan berguna bagi agama dan bangsanya.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC