3 Manfaat Lakban Putih Serta Cara Pemakaiannya Ketika Menyablon

Ketika kita akan menyablon, kita tidak boleh meremehkan barang yang satu ini karena sebenarnya lakban adalah salah satu alat utama ketika kita akan menyablon.

Tanpa menggunakan lakban, hasil sablon kita biasanya memiliki bercak-bercak kotor Karena celah lubang pada frame tidak tertutupi secara sempurna. Lakban putih ini memiliki beberapa manfaat dan kegunaan antara lain :

1. Untuk menutupi pori-pori pada frame yang berlubang. Pori-pori pada frame yang berlubang bisa karena pemanasan hair dryer yang terlalu dekat atau memang karena perataan afdruk yang tidak merata.

Sehingga hal ini bisa ditutupi dengan lakban. Karena jika tidak ditutup maka biasanya akan membuat bercak pada kaos yang akan membuat kaos nampak kurang indah.

2. Untuk menutupi salah satu dari dua gambar yang akan disablon terlebih dahulu. Biasanya Pengrajin sablon ketika menyablon gambar dengan ukuran kecil mereka akan menyatukan gambar dalam satu frame. Sehingga akan mempercepat waktu dalam pembuatan film.

Penggunaan lakban untuk menutup akan membuat gambar terhindar dari cat sablon dari gambar yang lainnya, karena dua gambar ini biasanya akan disablon dengan dua warna yang berbeda.

✔ Populer :  2 Tempat Belajar Sablon yang Murah dan Mudah

3. Untuk menutupi tepian frame sablon. Tepian frame yang terbuat dari kayu biasanya tidak mudah kering ketika dikeringkan dengan pengering rambut. Oleh karena itu agar air tidak menimbulkan bercak pada kaos. Biasanya kita tutupi dengan melakban  pada bagian ini.

Tepian frame ini juga sangat rawan sekali jika tidak ditutup dengan lakban, karena biasanya perataan afdruk tidak akan bisa mencapai bagian tepian ini. Oleh sebab itu jika tidak kita lakukan pelakbanan biasanya akan nampak garis bercak kotor di tepian frame dan hal ini akan membuat kaos nampak tidak bagus.

Untuk bagian ini yang perlu diperhatikan adalah pemahaman tentang perbedaan lakban dan solatip. Lakban terbuat dari bahan sintetis yaitu biji plastik, sehingga ketika kita bersihkan, kita cukup menarik lakban dari frame.

Namun ketika Anda menggunakan solatip ketika melakukan pembersihan akan sangat sulit. karena solatip terbuat dari bahan organik yang biasanya kita sebut sebagai kertas. Padahal kertas akan sulit dibersihkan jika sudah menempel pada frame sablon.

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992