3 Tips Aman Bertransaksi di Dunia Maya

Perkembangan internet di Indonesia sangatlah pesat, bahkan sekarang Indonesia telah memasuki era digital yang sesungguhnya. Internet bukan lagi dijadikan sebagai tempat untuk mencari informasi saja, akan tetapi internet sekarang sudah dijadikan sebagai zona bisnis yang empuk bagi banyak orang.

Ini bisa kita lihat dari perkembangan toko online yang ada di internet. Mulai dari toko online berskala raksasa seperti Lazada sampai toko online yang dikelola secara personal. Mulai dari barang industri pabrik seperti gadget dan perlengkapan elektronik lainnya sampai pada produk-produk handmade.

Iklan

Akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi internet di Indonesia, sangat disayangkan sekali, ada saja beberapa oknum yang memanfaatkan celah di internet untuk menipu demi mendapatkan uang dari para korban.

Seperti yang pernah saya alami ketika membeli sebuah produk di internet, yang ternyata ketika saya telah mentransfer sejumlah uang, produk yang saya beli tidak kunjung datang. Bahkan pemilik toko online tersebut sulit dihubungi dan sampai sekarang produk itu tidak dikirimkan.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak kena tipu ketika membeli suatu produk di internet.

1. Pilihlah toko online yang terkemuka

Di Indonesia sudah sangat banyak toko online yang dikelola oleh korporasi dan tentunya telah mendapatkan penilaian baik dari masyarakat. Toko online yang sudah mendapatkan izin legal dan dikelola oleh korporasi secara profesional lebih dipercaya daripada toko online yang dikelola oleh perorangan dan belum mendapatkan izin resmi.

Seperti Alfamart online, Matahari Mall dan beberapa toko online lainnya yang sudah masyhur di kalangan pembelanja online. Jika anda mau membeli sebuah produk lebih baik anda membeli di toko online yang sudah mendapatkan izin resmi terdaftar sebagai penjual yang terpercaya.

Iklan

2. Carilah review dari toko online tersebut

Review di sini berarti adalah penilaian dari para blogger atau mereka yang pernah berbelanja ke tempat mereka. Caranya cukup mudah, seperti biasa, Anda bisa mengandalkan Google untuk menemukan tinjauan tentang reputasi toko online yang dimaksud.

Bila menemukan satu posting blog tentang review toko online, baca juga komentar-komentar yang ada, baik komentar positif atau negatif. Dari komentar inilah yang bisa jadi pertimbangan Anda, apakah akan membeli di toko online tersebut atau tidak.

3. Periksalah status penjual

Status penjual sangatlah penting karena sekarang ini banyak sekali penyedia toko online gratis yang bisa diakses oleh semua orang. Periksalah alamat dari tokoh tersebut, apakah dia adalah toko real yang juga menjual di dunia nyata atau hanya menjual secara personal.

Perhatikan juga status dari penjual Anda apakah terverifikasi ataukah tidak. Apakah terpercaya ataukah tidak. Hal ini sangat penting karena masih marak sekali terjadi penipuan di dunia online.

Jangan terpancing dengan tampilan website yang bagus, Jangan terpengaruh dengan status domain TLD (.com, .id, dan lain-lain), karena tampilan dan domain tidak menjamin terpercayanya sebuah toko online.

Oleh sebab itu ada tiga indikasi yang bisa anda gunakan yaitu status kepercayaan dari penjual, kemudian review tentang toko tersebut di website lainnya. Selain itu sebaiknya Anda juga harus membeli di toko online yang benar-benar terpercaya seperti yang telah saya sebutkan di atas.

loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC