3 Tips Aman Berwisata ke Istana Kera Ubud Bali

Ubud adalah destinasi wisata yang menyajikan keasrian hutan yang masih terjaga dengan baik. Di Ubud sendiri terdapat Wanara Wana atau lebih dikenal dengan Hutan Kera (monkey forest). Jika anda memasuki hutan ini maka anda seakan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang tinggi menjulang dan telah berusia tua.

Di dalam hutan ini terdapat jalan setapak yang telah dibangun dengan indah disertai dengan pemandangan kera-kera lucu yang bermain-main sambil memperhatikan anda. Di dalam hutan ini terdapat ratusan kera yang konon katanya telah menghuni hutan ini selama ratusan tahun. Hutan kera ini masuk dalam kawasan desa adat Padang Tegal Ubud.

Namun di balik keindahan yang disajikan ada juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika anda berkunjung ke wisata Hutan Kera Ubud Bali. Larangan itu antara lain:

1. Dilarang Memakai Barang Berharga

Barang berharga ini mencakup, kalung dan gelang. Karena terkadang kera-kera disini suka usil dengan mengambil kalung atau gelang anda. Selain kalung dan gelang sebaiknya anda juga harus berhati-hati jika anda membawa kamera. Karena kera di hutan ini terkadang suka mengambil kamera dari pengunjung dan susahnya lagi, ketika kamera atau barang berharga anda diambil akan susah untuk mengambilnya kembali. Karena setelah mereka mengambil barang berharga anda, mereka akan segera lari dan memanjat pohon-pohon tinggi.

Mungkin akan seharian anda menunggui agar kera tersebut mau memberikan barang anda. Jadi bagi anda yang tidak ingin ketinggalan rombongan dan tidak ingin perjalanan wisata anda terganggu sebaiknya simpan barang-barang berharga anda, dan hati-hatilah dalam memegang kamera.

2. Dilarang Memberi Makan Kera

Siapa yang tidak tergoda dengan kecantikan dan keluguan kera di Hutan Kera ini. Tapi jangan tergoda untuk memberi makan mereka. Karena ketika anda memberikan kepada salah satu kera disini maka kera yang lain akan ikut mendekat untuk meminta makanan. Dan seperti saya sebutkan tadi, di sini terdapat ratusan kera. Coba bayangkan Anda dikerumuni ratusan kera yang meminta makanan! Tentunya ini bisa membahayakan keselamatan Anda.

Selain itu, memberi makan kera sebenarnya juga membahayakan hewan itu tersendiri. Karena kita tidak tahu apakah makanan yang kita berikan itu baik atau tidak bagi mereka. Konon katanya sekarang larangan ini telah dipampang di loket masuk hutan kera ini karena ada banyak kera yang mati karena kelebihan makanan.

3. Jangan Menyimpan Makanan di Dalam Tas.

Sebenarnya, sebaiknya anda tidak membawa tas ketika memasuki kawasan wisata ini. Karena banyak wisatawan yang tidak mengerti dan menyimpan makanannya di dalam tas. Inilah yang membuat monyet di sini menyangka jika tas pengunjung itu berisi makanan. Jadi jangan heran jika anda membawa tas di kawasan ini banyak monyet yang mencoba mendekat dan memperhatikan tas anda. Tetap hati-hati dan waspada. Jika memang anda lupa menaruh makanan di dalam tas dan membawa tas tersebut ke dalam kawasan wisata hutan kera ini. Dan siap-siap saja jika tas anda akan diperebutkan oleh monyet-monyet di sini.

Itu lah tiga larangan yang berasal dari pengalaman pribadi. Mungkin saja ada larangan lainnya yang tidak saya ketahui. Jadi tetap jaga keamanan dan kenyamanan anda dalam berwisata dengan menjaga dan menaati peraturan yang telah dibuat oleh pengelola.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC