4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Peran mata bagi kita sangat vital. Tanpa mata, dunia akan gelap, dan tentu saja tidak bisa menikmati segala keindahan alam ciptaan-Nya. Karena itu penting sekali kita selalu menjaga kesehatan mata, agar tetap bisa melihat dengan jelas dan terang.

Di bawah ini 4 cara menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan dengan pola penerapan kebiasaan sehari-hari yang baik dan sehat.

1. Periksakan ke dokter mata secara berkala

Minimal setiap setengah tahun sekali, konsultasilah ke dokter spesialis mata untuk pemeriksaan dan menjaga kesehatan mata.

Ini penting untuk dilakukan, karena bisa jadi penyakit mata yang Anda anggap hanya penyakit mata ringan, ternyata berbahaya. Dengan memeriksakan diri ke dokter secara rutin dapat mencegah penyakit tidak semakin parah.

2. Konsumsi vitamin

Anda bisa mencoba mengonsumsi buah pepaya atau ubi jalar yang mengandung banyak sekali vitamin A, yang itu sangat baik bagi kesehatan mata.

Jika tidak ada sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin A, Anda bisa membeli supplemen vitamin A dalam pil. Asupan vitamin A yang cukup membuat mata menjadi terlihat segar, penglihatan lebih terang dan tidak sayu.

3. Tidur yang cukup

Usahakan untuk tidur 6-8 jam perhari, sesibuk apapun Anda bekerja. Dengan porsi tidur yang cukup, maka regenerasi sel-sel mata untuk menggantikan sel-sel yang rusak menjadi lebih baik. Dan mata Anda pun akan selalu sehat. Sebaliknya, bagi mereka yang kurang tidur atau terbiasa begadang, akan mengalami banyak gangguan mata karena sel-selnya tidak mampu beregenerasi dengan optimal.

4. Lindungi dari polusi

Debu, asap dan kotoran lainnya bisa membuat mata bermasalah. Karena itu, Anda bisa memakai kacamata pelindung saat beraktivitas di luar atau dalam lingkungan berpolusi, terutama saat naik kendaraan bermotor.

Namun apabila mata Anda terlanjur terkena debu dan polusi, pertama dan terpenting: jangan menguceknya, karena itu justru membuat keadaan bertambah buruk. Lebih baik teteskan cairan khusus untuk membersihkan kotoran di mata.

Demikianlah cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata. Lakukan kebiasaan ini sejak sekarang, jangan tunggu sampai timbul masalah kesehatan mata yang serius.

BAGIKAN
Saya orang yang suka sekali untuk writing. Punya blog sendiri juga loh... Kunjungi ya di aqoma.com. Salam kenal...