4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Digigit Ular dan Pantangannya

Digigit ular merupakan suatu kejadian yang membuat kebanyakan orang menjadi takut dan panik. Karena jika ular yang menggigit tersebut berbisa dan tidak segera mendapat pertolongan, akan bisa berakibat fatal hingga berujung pada kematian.

Jika Anda digigit ular lakukan hal-hal berikut sebagai pertolongan pertama pada gigitan ular.

1. Tetap tenang

Tetaplah selalu tenang dan jangan sampai panik.

2. Jangan terlalu banyak bergerak

Diamkan lengan atau kaki yang digigit ular dan jangan banyak gerak. Tujuannya untuk mencegah aliran racun semakin mengalir di dalam tubuhnya. Bila perlu, buat pembidaian longgar sederhana untuk memastikan korban tidak banyak bergerak.

3. Lepaskan semua aksesoris yang menempel di badan

Lepaskan semua aksesoris yang menempel di badan, seperti cincin, gelang, kalung, dan sebagainya sebelum terjadi pembengkakan, karena kalau sudah terlanjur bengkak akan sulit melepaskannya.

4. Usahakan daerah gigitan lebih rendah dari jantung.

Usahakan daerah gigitan lebih rendah dari jantung. Misalnya, bila gigitan terjadi di tangan, maka pastikan tangan tidak diangkat lebih tinggi ataupun berada sejajar dengan jantung.

Jika anda digigit ular segeralah lakukan tips di atas dan jangan melakukan larangan-larangan berikut:

  1. Jangan tekan area gigitan dengan kompres dingin
  2. Jangan meminum minuman yang mengandung kafein dan alkohol
  3. Jangan menghisap bekas gigitan
  4. Jangan memotong bekas gigitan
  5. Jangan pula memberikan sembarangan obat tanpa adanya rekomendasi dari dokter.

Anda harus dapat mengenali gigitan ular itu berbisa atau tidak. Ular berbisa memiliki bekas luka gigitan 2 titik. Sedangkan ular yang tidak berbisa biasanya meninggalkan bekas luka gigitan berbentuk huruf U dengan jumlah luka yang banyak.

Warna kulit ular berbisa biasanya terang dan mengkilap. Selain ciri-ciri tersebut gigitan ular berbisa biasanya disertai rasa nyeri dan perubahan warna pada lokasi gigitan beberapa saat setelah digigit.

Jika Anda ragu atau tidak dapat mengenali jenis ular apakah berbisa atau tidak, anggap saja ular tersebut berbisa kemudian segera pergi ke dokter apalagi jika area yang terkena gigitan berubah warna, bengkak, dan nyeri.

loading...
BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.