4 Jenis Persaingan dalam Dunia Bisnis

Dalam sebuah bisnis pasti ada yang namanya pesaing. Di mana pun, dalam bentuk bisnis apapun, pasti akan ada perusahaan lain yang membuat jasa ataupun produk yang mirip dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Inilah yang disebut sebagai pesaing.

Dalam bisnis kita tidak hanya dituntut untuk memiliki modal yang cukup maupun memiliki teknik produksi yang baik, tapi kita juga harus memiliki menejemen pesaing yang baik.

Dan dalam dunia bisnis, ada jenis 4 pesaing yang akan kita hadapi, yaitu:

1. Persaingan generik

persaingan generic lebih dikenal dengan persaingan target market atau target pasar. Karena persaingan ini terjadi akibat dari target pasar yang sama atau menyasar konsumen yang sama.

2. Persaingan bentuk

Persaingan bentuk ini terjadi karena sebuah perusahaan memproduksi suatu produk yang hampir mirip dengan perusahaan lain, sehingga terjadi persaingan antar kedua produk. Ambil contoh, produk Teh Botol Sosro dengan perusahaan Susu Ultra.

3. Persaingan industri

Persaingan jenis ini terjadi ketika sebuah perusahaan membuat produk ataupun kelas produk yang sama, misalkan saja persaingan antar pabrikan minuman dalam kemasan. Satu perusahaan atau industri dan industri lainnya yang membuat produk dalam minuman kemasan mereka akan bersaing antara satu dan lainnya.

4. Persaingan merek

Persaingan merek ini terjadi apabila sebuah perusahaan bersaing dengan perusahaan lain dengan produk yang serupa dan juga memiliki harga yang relatif sama. Seperti misalnya saja produk Teh Botol Sosro dan Fresti, sama-sama menjual teh dalam kemasan sehingga mereka bersaing dalam persaingan tingkat merek.

Dengan memahami jenis-jenis atau tingkatan persaingan, kita akan lebih mudah menyusun strategi untuk memenangkan persaingan tersebut.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC