5 Aturan Adsense yang Harus Diikuti agar Menghasilkan Uang dari Blog

Google Adsense adalah salah satu cara memonetis blog paling populer, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan: mudah mengimplementasikan iklan, mudah mengelola, mudah melacak kinerja iklan, serta iklan yang ramah bagi segala pengunjung.

Namun demikian, ada beberapa aturan dasar yang mesti Anda ikuti, jika tidak maka akun Anda akan dibanned (dinonaktifkan) dan harapan Anda meraih pendapatan dari Adsense akan mejadi sia-sia.

Berikut adalah 5 aturan dasar paling penting yang mesti diikuti:

1. Jangan membuat klik palsu

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh penayang Adsense untuk meningkatkan pendapatan dari iklan Adsense yang tampil di website atau blog mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang kelihatannya menarik untuk dilakukan (karena Anda berpikir akan memperoleh hasil besar dengan cepat), tapi sesungguhnya hal tersebut sama saja dengan mematikan peluang Anda sendiri, karena sistem Adsense mendeteksinya sebagai spam, dan akun Anda pun akan dibanned.

  • Mengklik iklan sendiri.
  • Meminta orang lain / teman untuk mengklik iklan.
  • Menggunakan berbagai tool yang bisa melakukan klik. otomatis pada iklan (baik Anda membuatnya sendiri atau pun menggunakan aplikasi pihak ketiga).
  • Bergabung ke grup-grup yang menawarkan pertukaran klik satu sama lain sesama anggotanya.
✔ Populer :  3 Hal yang Membuat Perjuangan Blogging Anda Sia-sia

2. Jangan menampilkan iklan lebih dari ketentuan

Pastikan Anda membaca Kebijakan Adsense tentang jumlah maksimal pemasangan unit iklan dalam satu halaman. Saat ini, kebijakan Adsense hanya membolehkan Anda memasang jumlahj unit iklan:

  • 3 unit iklan konten
  • 3 unit iklan tautan, dan
  • 2 unit iklan penelusuran

Lebih dari itu, maka Anda akan mendapat ‘teguran’ segera dari pihak Adsense.

3. Jangan menempatkan iklan tanpa adanya konten original yang mencukupi

Setiap halaman blog Anda yang dipasangi iklan Adsense harus memiliki cukup konten. Adsense melarang iklannya ditempatkan di halaman tanpa konten yang cukup.

4. Jangan membuat akun Adsense lebih dari satu

Mungkin menarik untuk memiliki lebih dari satu akun Adsense, dengan harapan jika satu akun dibanned, Anda masih memiliki akun lainnya. Tapi percayalah, Google memiliki sistem yang ‘canggih’ yang segera dapat mendeteksi bahwa 2 akun berbeda dimiliki oleh satu orang. Dan itu akan berakibat penon-aktifan semua akun milik Anda.

5. Jangan menipu pengunjung dengan menampilkan iklan seolah mereka bukanlah iklan

Menyembunyikan tautan iklan dengan konten blog Anda, sehingga pengunjung mengira bahwa ia bukanlah iklan, adalah sebuah pelanggaran berat di mata Adsense. Dengan kata lain, jangan pernah melakukan upaya-upaya ilegal apapun dengan tujuan meningkatkan jumlah klik.

✔ Populer :  Apa yang Dimaksud Iklan Kontekstual?

Nah, itulah beberapa hal penting yang mesti diikuti oleh setiap penayang Adsense, agar akun Adsense Anda awet dan tentunya mampu menghasilkan seperti yang diharapkan.

BAGIKAN