5 Game VR Bertema FPS Terbaik untuk Google Cardboard dan Samsung Gear

Game bertema First Person Shooter (FPS) memang paling cocok jika digunakan dalam perangkat VR. Soalnya display pada game FPS memang bertujuan membawa user merasakan game terasa nyata.

Oculus yang memimpin pasar VR juga banyak memakai game FPS sebagai andalannya, begitu juga dengan HTC, PS, dan xbox. Lalu bagaimana dengan VR ala smartphone seperti Google Cardboard dan Samsung Gear?

Iklan

Idealnya memang harus banyak di Google Cardboard, tapi kenyataannya game bergenre seperti itu masih sedikit, dan kualitasnya juga kebanyakan kurang maksimal.

Biasanya developer game VR terkendala dengan persoalan game controller. Karena smartphone harus dimasukkan ke dalam VR headset, maka pilihannya tinggal menggunakan kontrol game eksternal atau kontrol otomatis.

Sebagian user yang menghendaki kepraktisan tentu tidak ingin ribet harus membeli kontrol game eksternal. Sehingga lebih banyak developer yang membuat game VR dengan kontrol otomatis, dengan dipadu bersama kontrol head movement.

Namun bagi yang benar-benar gamer, VR tanpa adanya kontrol game eksternal seperti gamepad wireless, dianggap kurang maksimal. Sensasi “reality” tentu akan berkurang jika gerakan dalam gameplay terbatas, dan hanya berjalan secara otomatis.

Iklan

Apalagi jika game itu bertema FPS, gerakan berjalan, berlari, dan menembak akan lebih optimal jika bisa kita kendalikan langsung. Maka bisa dibilang game VR bertema FPS terbaik harusnya menggunakan kontrol game eksternal, minimal dengan gamepad.

Apa saja game VR FPS terbaik untuk Google Cardboard dan Samsung Gear? Berikut daftar 5 game bertema FPS terbaik itu beserta dengan ulasannya.

Gunfight Simulator VR

youtube.com
youtube.com

Banyak user yang menginginkan game FPS berkualitas yang kompatibel dengan VR headset smartphone. Developer Magic7 akhirnya menjawab keinginan itu dengan merilis Gunfight Simulator VR.

Dengan gameplay yang hampir setara dengan PC, grafik yang cukup bagus, smooth, Gunfight Simulator VR boleh dibilang game VR terbaik di tema FPS saat ini.

Namun dengan embel-embel kata simulator, sudah bisa ditebak bahwa game versi ini sifatnya masih project. Itu terlihat pada permainan yang hanya berada di satu lokasi saja, tanpa ada level atau misi lebih lanjut lagi.

Selain itu, karena game ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore, kamu harus “googling” dulu dan download file APK jika ingin memainkannya.

Walau demikian, Gunfight Simulator VR ini tetap yang terbaik khususnya bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman terbaik bermain game FPS di Google Cardboard. Merepresentasikan game FPS terbaik yang diharapkan akan banyak bermunculan nantinya.

Occupation

igamehack.com
igamehack.com

Kalau kamu buka Playstore, kamu akan menemukan banyak game VR bertema zombie. Namun, diantara kesemuanya, Occupation adalah yang terbaik dengan grafik dan gameplay yang memuaskan.

Menariknya game ini dibuat versi, VR dan Non-VR. Jika pada versi non VR sudah disediakan game controller pada layar sentuh, pada versi VR kamu harus memainkannya dengan kontrol game eksternal.

Jalan ceritanya kamu akan menjadi pahlawan yang melawan invasi zombie di kota kecil. Karena game FPS, tentu saja kamu menembak zombie dengan berbagai senapan.

Secara garis besar game ini terbaik pada tema FPS dan zombie, namun banyak user yang menyayangkan sedikitnya misi yang disediakan.

Commando Adventure Shooting VR

play.google.com
play.google.com

Soal grafik, Gunfight Simulator memang paling oke, namun soal gameplay Commando Adventure Shooting VR sedikit lebih unggul. Dengan misi yang lebih banyak dan variatif, game ini paling direkomendasikan bagi pecinta game FPS perang militer.

Walau ada opsi untuk bermain tanpa gamepad, tapi gak bakal terasa seru jika tidak dimainkan dengan gamepad. Kamu bisa mengendalikan pemain lebih bebas seperti berjalan, lompat, jongkok, menembak, zoom senapan, dan memanjat dengan menggunakan gamepad dan head movement.

Tersedia juga tambahan seperti melihat peta radar, menggati senjata, mengambil senjata lawan, serta menambah nyawa.

Grafik game ini sebenarnya cukup baik, hanya saja kelemahannya game yang ini cukup berat. Maka jika spesifikasi smartphone kurang bagus, kamu akan merasakan sedikit lag pada game ini.

Zombiestan VR

play.google.com
play.google.com

Kembali ke tema perang FPS melawan zombie, Zombiestan VR adalah yang terbaik bersaing dengan Occupation. Tanpa opsi yang terlalu ribet, kamu langsung akan dibikin spot jantung karena harus berhadapan dengan zombie dalam kegelapan.

Ketegangan semakin terasa karena grafik game yang bagus, dan permainan yang berjalan smooth. Kamu akan menjumpai banyak tipe zombie, dan bisa menembaknya dengan 3 senjata yang berbeda.

Dengan beragam misi yang tersedia dan akan terus berkembang, game ini dijamin akan memuaskan kamu dalam bermain game VR bertema FPS. Sediakan gamepad jika kamu ingin segera memainkan game ini.

VR Wrong Voyage

play.google.com
play.google.com

Di luar mainstream game FPS yang lebih banyak bercerita perang dengan tentara, zombie atau alien, VR Wrong Voyage sangat unik karena menggabungkan game FPS dan game teka-teki.

Kamu seolah-olah terjebak dalam ruang yang tidak diketahui. Rasanya seperti terperangkap di dalam reruntuhan bangunan. Kamu harus menembak bagian bangunan tertentu dan menemukan jalan keluar.

Banyak user yang memuji game ini, karena cukup unik dan punya level kesulitan yang menantang. Tak heran jika game ini punya rating tinggi dengan angka 4,3 di Google Playstore.

Iklan
BAGIKAN