5 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Berbelanja Online

Mewabahnya toko online memang semakin memudahkan kita untuk belanja di mana pun, kapan pun. Kita bisa berbelanja segala kebutuhan hanya lewat laptop atau smartphone, mulai dari fashion, aksesoris, gadget dan lain-lain. Hampir semua bisa kita beli secara online.

Meskipun belanja via online menawarkan kemudahan dan kenyamanan, namun tetap saja Anda harus teliti dan tidak boleh sembarangan. Mengingat masih cukup banyak kasus penipuan terjadi oleh oknum toko online. Karanaya, sebagai pembeli, Anda harus meningkatkan kewaspadaan.

Nah, berikut 5 hal yang wajib Anda perhatikan saat berbelanja online.

1. Lihat review dan ulasan

Hal yang wajib Anda perhatikan saat pertama kali berbelanja online adalah melihat review dan ulasan dari pembeli di toko tersebut sebelumnya. Jika review dan ulasan yang diberikan mayoritas positif, maka itu jadi salah satu indikator bahwa toko online tersebut terpercaya. Tapi, jika review serta ulasan yang ada justru ke arah negatif, sebaiknya cari toko online lainnya.

2. Pilih toko online yang terpercaya

Belanja di marketplace, itu berarti Anda disuguhi banyak sekali pilihan toko online. Dari sekian banyak toko online yang ada, kamu harus bisa memilih toko online yang memiliki kredibilitas dan terpercaya. Jika Anda masih bingung memilih toko online, tidak ada salahnya minta rekomendasi toko online terpercaya dari keluarga atau kerabat dekat yang pernah berbelanja sebelumnya.

3. Jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah

Banyak konsumen yang tergiur dengan harga ‘super’ murah dari yang kebanyakan ditawarkan toko-toko online lainnya. Tapi sebaiknya, jangan langsung tergiur dulu, meski harga yang ditawarkan jauh lebih murah, belum tentu kualitas barangnya sesuai. Akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dulu mengenai harga barang tersebut di pasaran.

4. Adanya jaminan dan garansi

Sebelum memutuskan untuk berbelanja online, pastikan bahwa toko tersebut menjual barang yang disertai jaminan dan garansi resmi, baik garansi resmi pabrik atau garansi toko. Hal ini berguna jika produk yang Anda beli tidak sesuai atau bahkan rusak.

5. Ketahui proses pengembalian barang jika produk cacat

Alangkah baiknya jika toko online yang Anda pilih memberikan batas waktu pengembalian barang jika produk yang Anda terima tidak berfungsi dengan baik. Tapi, jangan lupa untuk cari tahu detail dan penjelasan lengkap mengenai proses pengembalian produk jika produk yang Anda terima cacat atau tidak sesuai.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk berbelanja secara online. Jika Anda sudah memperhatikan 5 hal tersebut, Anda tidak perlu ragu lagi saat ingin berbelanja via marketplace atau toko online. Selamat berbelanja!

loading...
BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.