5 Kesalahan Kecil Pada Orang Tua yang Wajib Dihindari

Mungkin, melakukan kesalahan kecil pada orang tua bagi kamu adalah hal yang biasa-biasa saja. Pada faktanya, dengan menghindari kesalahan-kesalahan kecil tersebut bisa saja kamu akan sangat disayang oleh orang tua kamu.

 

Tidak mencium tangan orang tua sebelum pergi memang kesalahan murni jika dilihat dari segi adat istiadat atau budaya negara kita. Atau tidak pernah mengucapkan terima kasih dengan apa yang telah orang tua kamu berikan selama ini?

So, di bawah ini ada 5 kesalahan kecil pada orang tua yang wajib dihindari. Ingat, setelah mengetahui poin-poin yang akan dijelaskan dibawah ini, paling tidak 4 dari 5 kesalahan tersebut bisa kamu perbaiki secepat mungkin.

1. Minta Maaf Kepada Orang Tua

Setiap orang memang pernah melakukan kesalahan, tidak mengenal siapapun itu. Sedari mungkin, hindarilah melakukan kesalahan kepada orang tua. Apalagi sampai menyakiti hati orang tua. Kamu gak mau kan termasuk dari golongan orang yang durhaka pada orang tua?

Faktanya, orang tua akan sangat sulit untuk bisa memarahi anaknya sendiri karena beralasan rasa kasih sayang yang amat tulus. Ya bagaimana pun ceritanya, ibu yang telah melahirkan kamu dan ayah yang mengajarimu sebagai seorang pria sejati.

2. Mencium Tangan Orang Tua

Ini lebih dari jabat tangan atau bersalaman pada umumnya. Mencium tangan orang tua adalah suatu keharusan apabila kita akan pergi atau berangkat ke suatu tempat, entah itu ke sekolah, ke kampus, atau hanya sekedar main-main bersama teman.

Dengan mencium tangan orang tua, kamu sudah cukup memberi kesan bahwa kamu telah meminta izin dan doa yang baik dari orang tua kamu agar diberi umur panjang dan dijauhi malapetaka.

3. Mereka Yang Selalu Bertanya Tentang Kamu

Katakanlah kamu sedang diluar. Sebelumnya kamu sudah meminta izin kepada orang tua kamu bahwa kamu akan pergi sebentar atau hanya sekedar jalan-jalan di sore hari.

Hingga pada akhirnya, kamu lupa bahwa hari telah malam. Masalahnya adalah kamu tidak mengabari orang tua kamu tentang kondisi dan situasi kamu kenapa kamu tidak pulang, sedangkan kamu meminta izin keluar hanya sampai sore hari menjelang malam.

Apa yang orang tua kamu rasakan? Was-was. Itu pasti. Mereka akan terus bertanya-tanya tentang keberadaan kamu, situasi dan kondisi kamu saat ini. Apa yang terjadi? Mereka akan bertanya tentang kamu.

Masalahnya adalah kamu tidak memberi kabar terlebih dahulu, dan tega membuat orang tua kamu khawatir hingga menghubungi kamu duluan? Itu sama sekali tidak baik. Ada baiknya, sms atau telepon orang tua kamu dan kabari situasi dan kondisi kamu kenapa bisa pulang telat. Itu lebih mulia! Percayalah!

4. Memuji Mereka, Orang Tua

Setiap orang memang ingin dipuji, entah itu gombalan atau memang benar-benar sebuah pujian yang patut untuk diberikan kepada orang tersebut.

Kamu melihat ayah yang bekerja dari pagi hingga sore atau melihat ibu yang terus menerus mengurusi dapur dan adik-adik kamu, pernah kamu berpikir dengan perasaan, seberapa besar perjuangan mereka untuk kamu?

Tidak, tidak ada yang terlambat jika kamu melakukannya dimulai dari sekarang! Puji mereka sekarang juga! Apapun yang telah orang tua lakukan kepada kamu, sebaik-baiknya hal tersebut telah dilakukan sebaik mungkin.

Kamu cukup memberikan pujian betapa enak dan lezatnya masakan ibu kamu, memberikan pujian betapa kerennya ayah kamu, atau begitu cantiknya ibu kamu ketika lelah.

5. Waktu Yang Paling Berharga Adalah Bersama Orang Tua

Saya memaklumi jika kondisi kamu adalah merantau atau kuliah diluar kota. Nah, oleh karena itu, jika kamu mempunyai waktu luang yang cukup, tidak ada salahnya menghabiskan libur bersama orang tua. Kenapa? Karena waktu yang paling berharga adalah bersama orang tua!

KESIMPULAN

Kamu harus sadar dan mengerti bahwa orang tua kamu telah melakukan segala upaya untuk membesarkanmu dan menghidupkanmu, entah ibu yang selalu tidak cukup tidur ketika malam hari demi menjaga kamu, atau ayah yang selalu pergi pagi pulang larut malam hanya untuk sesuap nasi.

Ingat sekali lagi, orang tua sangat berperan penting demi kelangsungan hidup kamu.

Sebelum mereka menghilang dari kehidupanmu, kamu masih ada kesempatan untuk tidak pernah menyakiti hati mereka. Luangkan waktu yang berharga yang kamu miliki saat ini untuk keluargamu.

BAGIKAN