5 Tips Mendaki Bukit Sikunir: Bukit Tertinggi di Pulau Jawa

Sikunir adalah bukit tertinggi di pulau Jawa yang memiliki iklim yang berbeda dari bukit yang lain dan terkadang lebih ekstrim dari bukit yang lainnya. Oleh karena itu ada beberapa persiapan yang harus anda bawa sebelum mendaki bukit Sikunir bukit tertinggi di pulau Jawa ini.

1. Bawalah mantel hujan

Sebelum anda bisa mencapai puncak bukit Sikunir maka anda harus transit dulu di desa Sembungan yang juga termasuk desa tertinggi di pulau Jawa. Letak transit anda biasanya di telaga si Cebong. Di desa ini biasanya turun hujan secara tiba-tiba dan juga disertai kabut yang menutupi desa. Oleh karena itu sebaiknya anda membawa mantel hujan sebelum mendaki ke bukit Sikunir ini

Iklan

2. Pakailah baju hangat

Dieng terkenal dengan daerah yang memiliki suhu udara yang sangat dingin. Sedangkan bukit Sikunir itu letaknya lebih tinggi daripada komplek wisata Dieng dan memiliki suhu yang lebih dingin daripada suhu di daerah Dieng. Oleh karena itu saya sarankan anda untuk memakai jaket ataupun pakaian hangat sebelum mendaki ke puncak bukit sikunir ini.

3. Bawalah obat pribadi anda

Ketika anda telah meninggalkan desa sembungan sebagai tempat transit pertama Anda. Maka anda akan mulai memasuki kawasan hutan dan di situ tidak ada pemukiman warga satupun. Untuk mencapai ke atas bukit dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Oleh karena itu apabila anda yang memiliki penyakit pribadi sebaiknya membawa obat dari rumah sebagai jaga-jaga apabila terjadi sesuatu di atas bukit nanti.

4. Pakailah sepatu yang nyaman bagi anda

Jalan bukit Sikunir adalah jalan setapak yang menanjak dan masih terbuat dari tanah alami. Sehingga saya sarankan bagi anda untuk memakai sepatu yang sangat nyaman bagi anda yang akan melewati jalan setapak ini. Jangan memakai sepatu yang terlalu berat karena bisa mempersulit perjalanan pendakian anda.

Ketika anda memakai sepatu yang nyaman diharapkan bisa lebih optimal dan maksimal ketika pendakian. Karena perjalanan menuju bukit Sikunir dibutuhkan fisik yang kuat dan juga usaha ekstra untuk bisa mencapai puncak bukit Sikunir ini. hanya orang-orang yang semangat saja bisa mencapai puncak bukit Sikunir ini.

5. Secangkir kopi hangat

Hal yang tidak saya lupakan adalah menikmati secangkir kopi hangat dengan memandang landscape pemandangan alam yang begitu indah. Kita seakan berada di atas awan sembari memandang pegunungan berada di bawah kita. Oleh karena itu untuk lebih menikmati perjalanan wisata anda di bukit Sikunir bawalah minuman hangat kesukaan anda baik kopi hangat, teh hangat, ataupun susu hangat, yang anda letakkan dalam termos yang biasa digunakan oleh para pecinta alam.

Ini adalah 5 tips yang bisa anda lakukan sebelum mendaki ke puncak bukit Sikunir. Semoga perjalanan Anda semakin nyaman dan aman dan lebih mengasyikkan.

Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC