7 Ciri-ciri Sahabat Sejati

Memiliki sahabat sejati memang sebuah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan. Tapi, memiliki sosok sahabat yang benar-benar mengerti kita memang tak semudah mencari sebuah penghapus di tempat pensil. Terkadang, orang-orang di sekitar yang kita anggap sahabat, ternyata hanya dekat jika ada maunya.

Hal ini memang banyak terjadi. Lalu, bagaimana ciri-ciri sahabat sejati yang merupakan sosok sahabat sejati untuk kita? Mari kita simak tanda-tandanya di bawah ini:

1. Ada saat kita butuh kapan pun dan di mana pun

Sahabat sejati tidak hanya menemani saat kita senang, saat kita dirundung duka pun ia mau menyempatkan waktunya untuk menghibur kita. Sesibuk apa pun, jika ia memang sahabat sejati, ia akan meluangkan waktunya meskipun hanya sekedar mendengarkan cerita atau memberi saran untukmu. Ia akan mengusahakan untuk selalu ada saat kamu membutuhkannya.

2. Selalu menjadi penyemangat

Suasana hati memang tak selamanya cerah, pasti ada saatnya ketika sesuatu terjadi dan membuat suasana hati kita menjadi buruk. Entah itu tugas-tugas kuliah, dihukum oleh dosen, konflik dengan teman atau pasangan, dan lain-lain. Ia yang benar-benar sahabat sejati, akan berusaha merubah suasana hatimu yang sedang buruk.

Ia akan memberi solusi atau sekadar mendengarkan keluh kesah. Ia akan memberikan perhatiannya untuk membuat suasana hatimu pulih kembali.

3. Menjadi pendukung nomor satu

Jangan takut melakukan suatu hal baik yang mungkin bagi orang lain terlihat ‘buruk’. Selama yang kamu lakukan itu positif, maka lakukanlah! Biarkan orang berkata apa, yang terpenting jadilah dirimu sendiri yang lebih baik. Sahabat sejati juga pasti akan mendukung penuh semua yang kamu lakukan selagi hal itu positif dan baik untukmu, bahkan ia juga bisa menjadi partner di setiap kegiatanmu.

4. Tak segan untuk menegur dan mengritik

Manusia memang tidak ada yang sempurna, semua tak lepas dari yang namanya kesalahan. Begitu juga dirimu, pasti pernah melakukan kesalahan yang tidak kamu sadari. Nah, Sahabat sejati akan menegur dan mengingatkan kamu agar tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Ia juga akan mengkritik apa yang kamu lakukan jika yang kamu lakukan salah, ia akan berusaha memberi ide atau saran untuk persoalanmu itu. Dengan begitu, kamu pun sadar jika kamu tidak boleh mengulangi kesalahan itu lagi.

5. Membuat hari-hari lebih berwarna

Pernahkah kamu merasa ada yang kurang jika sahabatmu tak ada? Jika iya, pasti sahabatmu sangat spesial. Karena dengan hadirnya di dalam hidupmu, hari-harimu terasa lebih berwarna. Di saat kamu jauh darinya, kamu pasti ingat canda tawanya, curahan hatinya, nasihatnya dan lain sebagainya.

Rasanya tak lengkap jika sehari saja tidak bertemu atau tidak berkomunikasi dengan dia. Hari di hidupmu yang murung dan sepi bisa berubah menjadi ceria hanya karena keberadaan sahabatmu tersebut.

6. Membela dan melindungi

Tak selamanya kita baik di mata orang, pasti ada saja yang menganggap kita buruk. Baik itu teman kelas, rekan kerja, atau orang-orang di sekitar. Akan lebih parah lagi kalau mereka terang-terangan melakukan diskriminasi atau bullying.

Sahabat tak akan rela melihat sahabatnya diperlakukan seperti itu oleh orang lain. Ia akan membela sekuat mungkin, karena ia tahu kamu tak seburuk yang mereka pikirkan.

7. Berbagi semua rahasianya kepadamu

Di dalam sebuah persahabatan, keterbukaan satu sama lain adalah hal penting. Dia sudah tak canggung lagi untuk menceritakan semua tentang dirinya kepadamu, bahkan rahasianya sekalipun.

Dia sudah menganggap kamu sebagai orang kepercayaannya, yang dapat menyimpan semua rahasia dengan baik. Maka dari itu, jagalah kepercayaannya, jangan sampai kamu mengecewakan dia.

Nah, sudah tahu kan sosok seperti apa yang bisa kita jadikan sahabat sejati?

Kesimpulannya, sahabat sejati akan selalu mengarahkan kita ke arah yang lebih baik dan memberikan teguran jika kita melakukan hal negatif.

Jika kamu memiliki sosok sahabat seperti ini, berarti ia termasuk bagian dari sahabat sejati kamu. Jangan sia-sia kan dia yang sudah berbuat baik padamu. Buatlah hari-harinya lebih baik, seperti dia yang membuat hari-harimu jadi lebih baik dan berwarna.

BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.