7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Travelling

Kalau ditanya hal apa yang paling ditunggu-tunggu untuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja, pasti banyak yang menjawab: liburan!

Liburan memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu dan dianggap sebagai cara ampuh untuk menghilangkan stres setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang begitu padat. Tidak heran kalau banyak orang yang sudah merencanakan liburannya sejak jauh-jauh hari.

Sayangnya, banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat berlibur yang justru membuat liburan yang seharusnya menyenangkan, malah menjadi rusak.

Berikut 7 kesalahan yang sering dilakukan saat traveling:

1. Membawa barang terlalu banyak

Ini salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan sebagai traveller dan malah membuat Anda kerepotan sendiri saat liburan. Iingat, Anda itu mau traveling bukan pindah rumah! Barang bawaan yang terlalu banyak, juga pastinya akan membuat Anda kerepotan dan kebingungan sendiri.

Saat liburan buatlah diri Anda senyaman mungkin dengan pakaian dan aksesoris yang simpel. Anda tidak perlu membawa baju dan aksesoris terlalu banyak, bawa secukupnya saja asalkan bisa Anda pakai hingga pulang. Bagi Anda yang berniat untuk belanja baju di destinasi liburan, mak cukup membawa beberapa helai baju saja, sisanya pakailah baju yang Anda beli di sana.

2. Menginap di hotel yang terlalu jauh dari tempat wisata

Hotel yang jauh dari tempat wisata itu biasanya harganya jauh lebih murah daripada hotel yang letaknya strategis di tengah kota. Tapi ongkos transportasi yang harus dikeluarkan pasti akan lebih mahal karena jauhnya jarak dari tempat wisata. Selain itu jarak yang jauh akan membuat Anda lebih capek.

Walaupun mungkin agak lebih mahal, sebaiknya Anda mencari hotel yang dekat dari bandara dan tempat-tempat wisata. Saat melihat ada hotel murah, jangan langsung memesannya. Sebaiknya pertimbangkan dulu jarak hotel dengan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi.

3. Lupa membawa barang-barang penting

Smartphone, kamera, charger, power bank dan dompet, adalah beberapa barang penting yang wajib dibawa saat traveling. Akan fatal jika sampai Anda lupa membawanya. Untuk itu, sebelum berangkat, pastikan Anda sudah memasukkan barang-barang tersebut ke dalam tas.

4. Tidak membawa uang tunai

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh traveller adalah, hanya membawa kartu ATM dan kartu kredit, tanpa membawa uang tunai, karena menganggap kedua kartu tersebut bisa digunakan di semua tempat. Ingat, belum tentu kartu ATM dan kartu kredit bisa digunakan di semua kota dan negara, kalau pun bisa, pasti akan ada biaya tambahan yang dikenakan karena perbedaan negara.

Anda pastinya tidak mau kebingungan kan saat mau membayar sesuatu, lalu kartu ATM atau kredit Anda tidak bisa digunakan? Nah, untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya berjaga-jaga dengan selalu membawa uang tunai. Namun, juga harus ingat, jangan membawa uang tunai yang berlebihan.

5. Mendatangi banyak tempat dalam satu hari

Anda mungkin mencoba untuk mendatangi banyak tempat dalam satu hari, karena waktu liburan yang singkat. Tapi hal tersebut justru kurang bisa membuat Anda menikmati traveling dan keindahan tempat wisata yang dikunjungi.

Untuk itu, sebaiknya Anda menyusun daftar perjalanan, mendaftar tempat apa saja yang akan didatangi dan kapan waktunya. Jangan membuat jadwal terlalu padat, agar Anda bisa lebih menikmati keunikan dan keindahan tempat wisata yang didatangi.

Dengan begitu, akan lebih banyak pengalaman baru yang Anda dapat dibandingkan dengan mengunjungi banyak tempat tapi tidak bisa sepenuhnya mengeksplorasi tempat tersebut.

6. Terlalu sibuk update status di sosmed

Ya, tidak ada salahnya pamer foto liburan ke teman-teman di sosmed. Tapi jangan terlalu berlebihan juga. Sedikit-sedikit update status, atau upload foto. Terlalu sibuk di sosmed justru akan membuat liburan Anda jadi kurang seru, arena terlalu fokus dengan sosmed dan smartphone Anda.

Selain itu, terlalu sering upload foto dan update status pastinya juga akan mengganggu followers Anda dan membuat mereka menilai anda sebagai “tukang pamer”. Jadi update lah status dan upload foto sewajarnya saja.

7. Lebih banyak belanja daripada menikmati liburan

Kalau niatnya cuma belanja, ngapain sampai pergi jauh-jauh ke luar kota atau ke luar negeri? Anda juga bisa belanja di kota sendiri atau belanja online. Boleh-boleh saja belanja ditempat liburan, tapi jangan habiskan sebagian banyak waktu travelling Anda cuma untuk belanja. Ingatlah kalau tujuan Anda travelling adalah untuk menikmati suasana yang berbeda, tempat wisata dan budaya yang tidak bisa Anda temukan di lingkungan tempat tinggal Anda. Saat sudah cukup mengeksplor tempat wisata dan budaya, sah-sah saja kalau Anda ingin berbelanja untuk diri Anda sendiri ataupun untuk oleh-oleh disela waktu luang saat berlibur.

Nah kalau nggak mau liburan Anda jadi rusak, jangan sampai Anda melakukan 7 kesalahan yang sering dilakukan saat travelling di atas.

BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.