7 Persiapan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

Kegiatan mendaki gunung saat ini mulai banyak digemari, bahkan tidak hanya bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Banyak orang awam yang belum terlalu akrab dengan alam pun juga ikut-ikutan mendaki gunung.

Sayangnya, banyak para pendaki pemula sering melakukan kekeliruan di awal, yakni persiapan yang kurang optimal, mulai dari masalah perbekalan, kondisi fisik, serta alat-alat yang digunakan untuk pendakian.

Jarak yang bakal Anda tempuh dapat mencapai beberapa ribu meter dengan jalanan yang terjal, menanjak, serta curam. Pasti untuk menghadapi medan yang ekstrim seperti itu sangatlah diperlukan persiapan yang masak, khususnya dalam kondisi fisik. Jangan sampai kegiatan mendaki gagal karena cedera saat melakukan pendakian.

Berikut 7 persiapan fisik sebelum mendaki gunung. Persiapan fisik ini dapat Anda lakukan setiap hari atau paling tidak, dua minggu sebelum mendaki gunung.

1. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil termasuk olahraga yang paling simpel, gampang dikerjakan, serta begitu penting untuk menguatkan otot kaki. Dengan sering jogging, saat mendaki gunung pun kaki Anda tidak akan gampang capek.

Coba untuk menempuh jarak secara berkala. Jika hari ini 500 meter, besoknya ditambah jadi 700 meter, dan seterusnya hingga otot kaki terasa lebih kencang.

2. Naik turun tangga

Poin utama saat mendaki serta menuruni gunung bukan sekadar ada pada kemampuan otot kaki serta stamina badan keseluruhannya, kemantapan kaki juga diperlukan untuk menapak jalanan, baik di tanah, batu, atau pasir. Pijakan yang mantap ini akan mempermudah Anda menempuh jalan dengan keadaan medan yang ekstrim sekali pun.

Lakukan naik turun tangga agar Anda terbiasa saat berjalan di gunung yang jalanannya kadang mendaki dan kadang menurun.

3. Bersepeda dengan rute menanjak

Untuk Anda yang mempunyai sepeda, olahraga simpel lainnya yang dapat Anda coba selain jogging yakni bersepeda. Secara bertahap, coba jalur yang agak menanjak untuk dikayuh dengan sepeda.

Hal itu bertujuan untuk memperkuat otot kaki serta membiasakan diri melalui jalan tanjakan.

4. Squat Jumps

Kemampuan otot paha serta kemantapan pijakan kaki dapat juga dilatih dengan lakukan squat jumps. Rutinlah lakukan squat jumps setiap pagi atau sore atau setelah jogging untuk memperoleh kemampuan otot paha serta memantapkan pijakan kaki.

5. Push-up

Selain dengan kemampuan otot kaki, kemampuan otot tangan juga butuh dilatih untuk menyeimbangkan diri, membantu merangkak atau memanjat saat menghadapi keadaan jalur pendakian yang terjal.

Latihan push-up yang teratur dikerjakan setiap hari sangat baik untuk memperkuat otot tangan.

Olahraga ini pas untuk melatih punggung Anda supaya kokoh saat membawa keril atau backpack yang penuh dengan logistik dan alat.

6. Berenang

Langkah lain untuk melatih sistem pernafasan agar tambah baik serta teratur, yakni berenang. Tidak hanya menolong mengatur pernafasan, berenang akan memperkuat otot tangan serta kaki.

Berenanglah secara teratur 2 kali seminggu serta kerjakan minimum 1 bulan sebelum pendakian, seperti jogging, bersepeda, serta olahraga enteng yang lain.

7. Senam atau yoga

Gerakan senam atau yoga nyatanya begitu bermanfaat sebagai latihan sebelum mendaki gunung. Ini bermanfaat untuk melatih pernafasan kamu saat mendaki.

Tak perlu ada instruktur spesial untuk membantu Anda berlatih senam. Anda bisa mengunduh video senam Yoga di Youtube, yang penting Anda lakukan teratur setiap pagi.

Itulah 7 persiapan fisik sebelum mendaki gunung yang mudah kamu coba. Sebaiknya kegiatan tersebut Anda lakukan setiap hari, selain untuk mempersiapkan fisik untuk mendaki gunung, kegiatan ini juga untuk pola hidup sehat.

BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.