8 Tips Ampuh Memulai Diet yang Berhasil

Anda mempunyai berat badan berlebih dan sering tidak percaya diri dengan berat badan? Sering kali terlintas di pikiran untuk menurunkan berat badan supaya mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tapi terkadang rasa malas, bingung dan takut pun menghantui. Seperti takut tak berhasil, takut sakit karena melakukan diet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin memulai diet tapi bingung apa yang harus dilakukan. Mari kita simak 8 tips ampuh memulai diet di bawah ini:

1. Tumbuhkan niat yang kuat

Ibaratkan sebuah pohon, niat adalah akarnya. Ketika niat Anda kuat, hal apa pun yang mengganggu Anda untuk diet, bisa diatasi. Misalnya, saat rasa bosan menghampiri dalam menjalankan program diet, Anda tidak akan menyerah begitu saja dan terus memotivasi diri sendiri agar tetap semangat.

Berbeda dengan mereka yang tidak memiliki niat kuat, mereka akan mudah bosan dan akhirnya menghentikan program diet. Alhasil mereka tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan.

2. Dukungan dari orang sekitar

Dukungan dari keluarga, teman-teman bahkan pasangan, ternyata sangat penting untuk mendukung program diet. Karena dengan adanya dukungan tersebut, Anda akan memiliki motivasi lebih besar. Kemungkinan besar mereka juga akan banyak membantu dalam berbagai hal.

Misal, mengingatkan Anda ketika tidak mengontrol porsi makan, membantu memilihkan dan menyarankan makanan yang cocok ketika sedang diet dan sebagainya. Jadi, poin ini cukup penting buat Anda yang baru memulai program diet.

3. Hindari camilan

Makanan ringan atau camilan lezat seperti bolu, brownies, kue kering dan lain-lain pasti membuat Anda ingin menyantapnya. Namun, karena Anda sedang menjalani program diet, jangan ragu untuk menyingkirkan semunya itu agar Anda tidak akan tergoda untuk memakannnya.

Hindari juga tempat strategis seperti meja makan atau ruang tamu untuk menaruh camilan, karena akan membuat program diet Anda akan terasa sulit dijalani. Taruhlah camilan ke tempat yang susah dijangkau atau dilihat.

4. Atur pola makan

Kebanyakan orang menganggap bahwa, jika tubuh tidak diberi asupan makanan akan membuat berat badan turun dengan cepat. Tapi, kenyataannya itu adalah kesalahan besar. Tubuh manusia juga perlu asupan harian agar tidak cepat lelah, lesu dan tetap bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari.

Tetap jaga pola makan 3 kali sehari dengan porsi yang sudah dikurangi atau disesuaikan. Jangan lupa, perbanyak minum air putih minimal 2 liter perhari, karena hal ini dapat membakar kalori.

Jadi, jika kita tidak makan, kita hanya mendapatkan sedikit energi untuk membakar kalori, sehingga program diet pun tidak berhasil secara maksimal.

5. Pilih menu yang tepat

Ketika melakukan program diet, Anda harus memerhatikan menu apa sajakah yang akan Anda konsumsi. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, makanan yang direbus, tinggi protein, karbohidrat kompleks, sangat disarankan.

Misalkan saja, nasi putih bisa diganti dengan nasi merah, telur goreng bisa Anda ganti menjadi telur rebus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kurangi pula makanan yang berminyak. Contoh makanan berminyak seperti gorengan, yang pasti sangat menggoda untuk dimakan.

Untuk minuman, jangan mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula. Anda bisa menyiasati dengan menggunakan madu secukupnya.

6. Camilan sehat

Di sela-sela jam makan siang terkadang rasa lapar menghampiri. Tenang saja, itu adalah hal yang wajar. Kalau Anda sedang menjalani program diet, kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi buah-buahan segar yang pastinya menyehatkan.

Kalau Anda bosan dengan buah yang hanya itu-itu saja, Anda bisa mencoba mengolahnya menjadi jus misalnya, ya tentu saja: pastinya tanpa gula.

Atau kalau Anda suka berinovasi, Anda bisa membuatnya menjadi jelly buah. Selain lezat dan mengenyangkan, serat dalam jelly juga bagus untuk Anda yang sedang diet.

7. Olahraga teratur

Olahraga juga adalah salah satu kunci keberhasilan mereka yang menjalani program diet. Ketika pola makan diatur, olahraga juga harus teratur. Kalori yang masuk bisa dibakar dengan cara berolahraga.

Bagi Anda yang baru memulai diet dan bingung ingin melakukan jenis olahraga apa yang tepat, Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan pagi, jogging atau bersepeda di hari libur, serta menari mengikuti alunan musik kesukaan.

Jika olahraga dilakukan bersama keluarga atau teman-teman, pasti lebih terasa mengasyikkan. Buat Anda yang super sibuk dan tidak punya waktu luang untuk olahraga, Anda tetap bisa ‘mencuri waktu’ di sela-sela kesibukan.

Anda bisa pergi keluar untuk membeli makanan dengan berjalan kaki, atau jika selama ini menggunakan lift, coba ganti dengan menaiki tangga. Selama jarak lantainya tidak terlalu jauh, tidak apa-apa kan?

8. Istirahat yang cukup

Tanpa disadari, ternyata tidur bisa membakar kalori dan menyehatkan tubuh. Selain itu, tidur juga bisa membuat otak dan tubuh menjadi segar, sehingga Anda bisa melanjutkan kegiatan sehari-hari dengan semangat. Nah, ternyata waktu yang ideal untuk tidur itu adalah selama 7-8 jam sehari.

Jadi, jika sudah tak ada lagi kepentingan, lebih baik jangan begadang dan memaksa tubuh selalu bekerja.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan ketika menjalankan program diet yang berhasil?

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, harus diimbangi usaha yang sungguh-sungguh tentunya. Dan ketika hasilnya sudah terlihat, Anda pasti tak akan kecewa. Selamat mencoba.

loading...
BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.