8 Tips Membakar Kalori untuk Anda yang Super Sibuk

Hidup sehat memang keinginan semua orang, karena itu, kita mesti berusaha menerapkan pola hidup sehat semampunya. Dengan melakukan pola hidup sehat, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, kolesterol dan lain-lain.

Selain pola makan yang diatur, olahraga juga perlu diatur agar kalori dalam tubuh bisa diproses (dibakar) secara maksimal. Namun seringkali, kesibukan yang padat membuat Anda tidak punya waktu luang untuk sekadar berolahraga ringan.

Oleh karena itu, mari kita simak 8 tips membakar kalori yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa membakar kalori di sela-sela kesibukan.

8 Tips Membakar Kalori

1. Berangkat ke kantor menggunakan sepeda

Alih-alih naik mobil atau kendaraan lainnya, lebih baik Anda menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor. Selain menghemat biaya transportasi, Anda juga bisa terhindar dari kemacetan. Dengan kecepatan sedang, Anda bisa membakar kalori sebesar 300 kalori per jamnya.

Selain menyehatkan, mengendarai sepeda ini juga bisa mengurangi polusi udara yang semakin membahayakan di kota-kota besar. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor.

2. Berjalan kaki untuk mencari makan siang

Ternyata jam istirahat kerja bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Anda bisa berjalan kaki di sekitar kantor untuk mendapatkan makan siang. Tips membakar kalori yang satu ini selain mudah dilakukan, juga cukup ampuh membakar kalori di dalam tubuh.

Berjalan kaki selama 30 menit, bisa membakar sebanyak 97 kalori. Makan siang dapat, sehat pun juga dapat.

3. Berdiri ketika menelpon seseorang

Terkadang kamu berpikir dengan kesibukan, Anda tidak akan sempat untuk berolahraga. Tapi ternyata, kegiatan Anda di kantor bisa digunakan untuk membakar kalori. Contohnya, ketika sedang menelpon seseorang, Anda bisa membakar kalori dalam tubuh.

Cara melakukannya adalah menelpon sambil berdiri. Dengan berdiri, bisa membakar kalori lebih besar lagi, yaitu sebanyak 42 kalori per 40 menit. Anda juga bisa sambil menggerak-gerakkan jari kaki untuk membakar kalori lebih maksimal.

4. Naik turun tangga ketika di kantor

Anda juga bisa memanfaatkan tangga untuk membakar kalori dalam tubuh. Daripada menggunakan lift hanya untuk naik dan turun 1-2 lantai, Anda bisa menggunakan tangga sebagai salah satu tips membakar kalori yang ampuh. Selain melatih persendian dan menguatkan otot kaki, naik turun tangga juga bisa menyehatkan jantung.

Naik turun menggunakan tangga bisa membakar kalori sebanyak 43 kalori selama 5 menit. Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke fitness center, karena latihan ini termasuk aerobic fitness. Jadi, bisa menghemat waktu dan biaya juga.

5. Jalan cepat ketika pergi ke ruangan bos atau lainnya

Jalan cepat ternyata terbukti membakar kalori lebih banyak dalam tubuh. Hanya dengan berjalan cepat selama 10 menit, Anda bisa membakar sebanyak 81 kalori. Apalagi kalau Anda melakukannya selama 30 menit, pasti kalori yang terbakar akan lebih banyak lagi.

6. Mengetik sambil berdiri

Bagi Anda yang memiliki profesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan, seorang pelajar, atau profesi lainnya yang berhubungan dengan komputer atau laptop, kegiatan mengetik pasti salah satu pekerjaan yang paling sering dikerjakan.

Biasanya Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengetik laporan, presentasi, tugas dan sebagainya. Nah, ternyata dengan mengetik bisa membakar kalori cukup banyak. Mengetik selama 1 jam, bisa membakar kalori sebanyak 34 kalori. Apalagi jika Anda mengetik sambil berdiri, kamu bisa membakar kalori lebih banyak lagi.

Karena pekerjaan yang dilakukan sambil berdiri bisa membakar kalori berlebih sebanyak 170 kalori per jamnya. Jadi, jangan hanya duduk, luangkan waktu sejenak untuk berdiri ketika Anda sedang melakukan aktivitas tersebut.

7. Tertawalah dengan rekan kerja

Tak selamanya berada di tempat kerja itu membosankan atau stress disebabkan oleh tugas yang menumpuk. Anda juga bisa menciptakan suasana santai dengan cara bercengkerama dan tertawa bersama rekan kerja. Karena tertawa, juga bisa membakar kalori.

Ternyata, tertawa selama 10-15 menit bisa membakar sebanyak 10-40 kalori. Tunggu apalagi, jangan lupa untuk tertawa hari ini! Selain menyenangkan, tertawa juga menyehatkan.

8. Menulis laporan atau tugas-tugas lainnya

Nah, buat Anda yang sedang menulis materi kuliah, atau tugas-tugas dari kampus pasti bisa menghabiskan berjam-jam hanya untuk menulis. Tapi, dibalik pegalnya tangan yang terus-menerus menulis, ternyata hal tersebut bisa membakar kalori sebanyak 100 kalori per 50 menitnya.

Nah, itulah beberapa cara membakar kalori disela-sela kesibukan yang Anda jalani sehari-hari. Jika dilaksanakan secara rutin, berat badan ideal bukan angan-angan lagi untuk didapatkan. Selamat mencoba!

loading...
BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.