Ini Dia Alasan Kenapa Baju Baru Harus Dicuci sebelum Anda Kenakan

Membeli dan memakai baju baru dengan corak dan model yang kita inginkan adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Bahkan biasanya karena saking bahagianya kita langsung mengenakan baju yang kita beli tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu. Baju baru yang kita beli nampak bersih dan aman untuk kita pakai. Akan tetapi ternyata baju baru yang kita anggap bersih itu tidaklah seperti yang kita bayangkan.

Di bawah ini adalah alasan mengapa kita harus mencuci baju baru sebelum kita kenakan.

1. Antisipasi bahaya jamur

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui dari mana sumber baju yang kita dapatkan. Oleh karena itu dalam pengiriman terkadang terjadi kelembapan yang dapat memicu tumbuhnya jamur pada kain. Semakin lama dan semakin jauh sumber baju yang kita gunakan maka semakin besar pula perkembangan jamur yang terdapat di dalam baju tersebut.

2. Penyebaran bakteri dan penyakit

Jika kita melihat baju yang dipamerkan baik di pasar tradisional maupun mall-mall, biasanya telah tersentuh oleh ratusan orang. Kita mengetahui jika tangan adalah salah satu sumber penyebaran bakteri dan penyakit.

3. Menghindari alergi

Jika anda membeli baju baru, kemudian anda langsung memakainya tanpa dicuci dan pada saat itu juga anda merasakan gatal dan bercak merah pada kulit anda, sebaiknya anda langsung mandi dan mencuci baju baru tersebut.

Memang, ada sebagian besar pakaian yang sudah mengalami proses pencucian dalam pembuatannya, seperti celana jeans, kemeja casual dan banyak jenis lainnya, namun tidak sedikit pula yang masih menyisakan residu bahan kimia pada kain/bahan. Ini lah yang berpotensi menimbulkan alergi.

Iklan

4. Mengurangi kontak bahan kimia berbahaya

Dalam proses pembuatan kain, banyak sekali melibatkan bahan-bahan kimia berupa nonyphenol ehtoxylate, phenylediamine atau pun formalin. Khusus untuk formalin, zat ini dipergunakan hampir pada setiap produk tekstil sebagai bahan resin pada proses akhir pembuatan kain. Sedangkan formalin sendiri merupakan salah satu zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama dianggap sebagai pemicu kanker.

Meski dalam proses pembuatan tekstil dikenal adanya proses Released Formaldehyde, untuk membuang sisa-sisa zat formalin pada kain, namun untuk kehati-hatian sebaiknya Anda tetap mencuci baju baru sebelum memakainya.

Nah, dengan semua alasan di atas, maka sebaiknya anda mencuci baju baru yang anda beli sebelum anda mengenakannya.


Terima kasih untuk Anton Ardyanto, atas koreksi dan tambahan informasinya yang sangat berguna.

Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC