Alasan Mengapa Kita Mesti Bersyukur Ketika Dapat Masalah

Setiap hari, semua orang pasti punya masalah. Uang habis, motor mogok, putus dengan pacar, ribut dengan istri atau suami, adalah sebagian kecil dari masalah-masalah yang datang silih berganti. Bahkan hujan, yang merupakan sebuah rezeki pun, dapat menjadi masalah bagi sebagian orang.

Ya, kita hidup pasti dipenuhi masalah. Namun, masalah akan terasa lebih ringan jika kita bersabar, bersyukur dan tahu bahwa sebenarnya di balik masalah, ada sejuta manfaat di dalamnya.

Beberapa hal yang dapat kita syukuri dari sebuah masalah:

Membuat kita lebih dewasa

Manusia dapat bertahan hidup sejatinya adalah karena mampu melewati masalah. Sejak dilahirkan ke dunia, kita sudah dihadapkan dengan masalah. Jadi, masalah adalah bagian dari diri kita. Dengan adanya masalah, kita akan lebih dewasa menyikapi kehidupan, karena akan membuat kita berpikir dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Sabar dalam menghadapi masalah

Dengan menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan, maka kita akan mampu mengatasinya dengan penuh kesabaran. Kita tidak akan terburu-buru dan bisa berpikir lebih jernih. Justru orang-orang yang jarang mendapatkan masalah, biasanya mudah sekali mengalami keputus-asaan.

Terbiasa dengan sebuah masalah

Jika kita menghadapi masalah terus menerus, maka kita akan terbiasa menganggap permasalahan sebagai bagian dari warna-warni kehidupan.

Cepat menemukan solusi

Otak yang terbiasa berpikir akan semakin cerdas dan lebih cepat dalam menemukan solusi. Sehingga masalah selanjutnya akan lebih mudah dipecahkan.

Hidup akan lebih menantang

Tanpa masalah hidup akan terasa membosankan, malahan ada beberapa orang yang sengaja membuat masalah agar kehidupannya lebih berwarna. Karena itu Tuhan memberikan kita masalah setiap saat, permasalahan adalah guru, dan masalah adalah pelengkap dalam kehidupan.

Jadi jangan lari dari masalah, karena masalah itu diciptakan untuk diselesaikan bukan untuk dihindari. Pengalaman adalah guru.

Yang perlu kita ingat adalah, kita tidak boleh mencari-cari masalah yang sebenarnya tidak perlu, serta tidak memperumit permasalahan yang sudah ada.

loading...
BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.