Sulit Mendapatkan Kertas Kalkir Untuk Sablon? Kertas Roti Alternatifnya!

Pernahkah Anda membayangkan membuat design film sablon menggunakan kertas roti? Saya yakin Anda belum pernah mencoba cara yang satu ini. Kertas kalkir adalah jenis kertas yang sangat tipis dan transparan.

Di dalam sablon digital, kertas kalkir digunakan sebagai pelapis saat melakukan pengepresan gambar dalam kaos agar transfer paper tidak melekat pada alat press.

Akan tetapi kertas kalkir ini jumlahnya sangat sedikit. Jika Anda membeli kertas transfer paper dalam satu paketnya hanya terdapat satu kertas kalkir saja. Padahal kertas kalkir ini jika digunakan berkali-kali akan menghitam dan nampak gosong Ketika Anda menggunakan alat hot press.

Sementara dalam satu paket transfer paper terdapat 6 buah kertas transfer paper. Oleh karena itu biasanya untuk membuat sablon digital, ketika kertas kalkir transfer paper sudah tidak efektif untuk menjaga kertas transfer paper agar tidak menempel ke alat hot press, tukang sablon akan mencarinya di toko sablon manual.

Padahal toko sablon manual biasanya tidak menjual kertas transfer paper dan hanya menjual kertas kalkir saja dan stoknya pun sangat terbatas. Karena biasanya yang menggunakan kertas kalkir ini Kebanyakan orang-orang yang membuat jasa sablon digital.

✔ Populer :  Cara Membuat Sablon Digital Menggunakan Setrika Biasa

Sedangkan jika anda mencari di tempat lain biasanya tidak menjual kertas kalkir ini dan rasanya tidak mungkin jika kita harus membeli satu paket kertas transfer paper sementara kita hanya membutuhkan kertas kalkirnya saja.

Ternyata dari uji coba yang saya lakukan kita bisa menggantinya dengan kertas roti sebagai pengganti kertas transfer paper yang sudah mulai menghitam. Kertas roti akan sangat mudah kita jumpai di toko-toko dan harganya pun sangat murah dibandingkan dengan kertas kalkir. Cara penggunaan kertas roti ini sangat sederhana, tinggal potong kertas roti dengan ukuran gambar yang akan Anda press.

Dengan menggunakan kertas roti ini anda bisa menghemat biaya dan sekaligus bisa membuat hasil cetak anda lebih maksimal. Karena jika kita memaksakan diri untuk terus menggunakan kertas kalkir yang sudah mulai menghitam, biasanya gambar akan menempel pada kertas kalkir dan hal itu akan membuat gambar menjadi kurang cerah.

Nah, itulah cara alternatif bagi Anda yang masih kesulitan mendapatkan kertas kalkir. Silahkan Anda coba sendiri dirumah. Jika berhasil, luangkan waktu untuk membagikan artikel ini di media sosial Anda. Selamat Menyablon 🙂

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992