Apa Perbedaan antara Vaksin dan Serum?

Ada perbedaan antara vaksin dan serum. Perbedaannya sangat menonjol, mudah untuk dibedakan, bahkan bagi orang awam sekali pun. Lalu, apa bedanya?

1. Vaksin

Vaksin merupakan suatu bentuk produk biologi yang diketahui berasal dari virus, bakteri atau dari kombinasi antara keduanya yang dilemahkan, lalu dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang sehat.

Vaksin sendiri berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah dari infeksi penyakit atau tertular dari penyakit tertentu. Dengan kata lain, vaksin ini berguna sebagai pencegahan. Contohnya, vaksin polio yang diberikan kepada bayi, agar bayi terhindar dari penyakit polio.

2. Serum

Serum itu sendiri sebenarnya produk biologi yang sudah mengandung kekebalan terhadap suatu infeksi.

Serum dimasukkan ke dalam tubuh manusia di mana manusia itu sendiri telah terserang oleh adanya infeksi penyakit, atau diduga akan terkena infeksi. Sifat dari serum adalah sebagai pengobatan.

Contoh, seorang pendaki gunung yang telah tergigit oleh ular, harus mendapatkan serum anti bisa ular (ABU) guna mencegah racun ular tersebut mampu menyebar cepat ke seluruh tubuh, yang mana racun itu mampu menyebabkan kematian.

loading...
BAGIKAN