Arti Kesalahan dan Solusi Membangun Masa Depan

Pada dasarnya manusia pernah berbuat salah, namun masalahnya adalah perbedaan terhadap penafsiran tentang arti kesalahan. Perbedaan tafsir inilah yang menjadi masalah karena ternyata ada penafsiran yang menjadikan kesalahan sebagai pembunuh masa depan. Oleh karena itu melalui pembahasan kami kali ini kami ingin membagikan solusi masa depan berdasarkan kesalahan masa lalu.

Tentang arti kesalahan

Sebagaimana kami sampaikan sebelumnya bahwa kesalahan bisa menjadi pembunuh masa depan. Arti kesalahan ini tidak bisa dipungkiri karena ternyata realitas telah berbicara dengan lantang bagaimana seseorang menjadi putus asa karena satu kesalahan dalam hidupnya. Bagaimana seorang memutuskan tali silaturahmi adanya kesalahan yang pernah terjadi, dan bagaimana sebuah peperangan terjadi karena sebuah kesalahan, dan masih banyak lagi hal lain yang menyebabkan matinya nurani manusia.

Sangat mengerikan membayangkan hal tersebut di atas ketika sebuah kesalahan bisa menjadi malapetaka. Oleh karena itu kami ingin mengatakan bahwa meskipun arti kesalahan ibarat kertas yang sudah diremukkan tidak bisa utuh kembali layaknya kertas baru. Masih ada cara lain selain membuatnya utuh kembali.

Solusi dari sebuah kesalahan

Kami yakin bahwa sama halnya dengan saya, anda pun percaya bahwa pengalaman adalah guru yang paling bijak. Pengalaman itu bisa saja berisi tentang hal-hal baik dan juga berisi dengan kesalahan. Oleh karena itu kita perlu melihat kesalahan dengan kacamata yang bijaksana. Karena kesalahan adalah pengalaman (meskipun menyakitkan) tapi paling tidak kita bisa belajar dari situ karena kesalahan tetaplah guru.

Untuk menjadikan kesalahan sebagai solusi maka kita perlu belajar dari kesalahan tersebut. Lalu apa yang bisa dijadikan pelajaran dari sebuah kesalahan?

  1. Belajarlah bersabar. Kesalahan masa lalu mungkin menitipkan rasa kecewa, marah, benci dan berbagai macam emosi negatif lainnya. Tetapi ketika ingin lebih baik dari apa yang terjadi di masa lalu maka harus belajar bersabar. Menjadikan kesalahan tersebut sebagai petunjuk untuk lebih berhati-hati lagi dalam bertindak.
  2. Belajarlah untuk kuat. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa kesalahan bisa menorehkan luka. Luka itu mengajarkan kita untuk kuat, untuk tahu rasa sakit, dan untuk tidak melukai siapapun.
  3. Belajarlah disiplin. Sadar atau tidak bahwa disiplin adalah salah satu penyumbang terjadinya kesalahan yang paling besar. Ketidakdisiplinan menjadi pemicu lalainya kita dari tanggung jawab yang diemban. Melalui kesalahan yang terjadi kita bisa bercermin dan menguliti penyebab terjadinya kesalahan dan mulailah melahirkan sebuah resolusi agar menjadi disiplin.
  4. Belajarlah percaya diri. Penyakit manusia yang paling sukses menghasilkan sebuah kesalahan adalah tidak percaya diri. Tahukah anda bahwa kesalahan terbesar manusia dalam hidupnya adalah tidak melakukan sesuatu yang dianggapnya benar. Orang yang tidak percaya diri akan menyimpan ide atau konsep yang sebenarnya sangat bermanfaat.

Akumulasi dari semua hal diatas sebagai solusi yang dihasilkan dari memahami arti kesalahan adalah mulailah untuk percaya diri, lakukan sesuatu dengan penuh kedisiplinan, jangan pernah takut untuk mewujudkan ide yang ada dan bersabarlah ketika menghadapi masalah. Tak pernah ada konsep yang paling benar tentang hidup kecuali diwujudkan dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu dewasa lah dengan kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Untuk berdiri di tempat kita berada sekarang ini tidak terlepas dari berbagai macam warna kesalahan. Maka dari itu tunjuk lah satu tempat tertinggi yang ingin anda capai dan mulailah melangkah ke arah tersebut. Jangan pernah menyimpan rapi tujuan anda tapi wujudkan dengan langkah nyata maka anda akan menggenggam sebuah kebahagiaan yang anda impikan. Selalu jadi diri sendiri karena anda adalah orang hebat yang ditempa dari berbagai macam kesalahan yang terus diperbaiki.

loading...
BAGIKAN
Belajar lagi dan lagi