Baru Putus Cinta? Hindari 4 Kegiatan Ini!

Jatuh cinta berjuta rasanya, inilah istilah yang sering kita dengar. Namun bagaimana jika putus cinta? Seperti apakah rasanya?

Seseorang yang sedang jatuh cinta lupa makan, tidak bisa tidur karena memikirkan si dia. Orang yang baru saja putus cinta akan merasakan hal yang sama, yaitu dia lupa makan, susah tidur namun bukan dalam keadaan bahagia tapi dalam keadaan kecewa dan menderita.

Iklan

Dia hilang akal seakan dunia ini sudah tidak ada artinya lagi. Cerita romansa, romantika cinta, dilema cinta, serta berbagai macam hal yang dulu indah sekarang menjadi derita.

Namun haruskah cinta berakhir seperti kisah Laila Majnun yang tidak bisa bersatu hingga akhir hayat mereka, ataukah akan berakhir seperti film Titanic sebuah cinta terlarang yang berakhir dengan derita, ataukah kisah cintamu akan berakhir seperti Romeo dan Juliet yang harus mati bersamaan dengan racun yang mereka minum.

Di bawah ini adalah hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika kamu sedang putus cinta:

1. Terlalu banyak menyendiri

Orang yang baru saja mengalami putus cinta akan hilang akal, yang ada hanya dirinya, kekecewaan, kemarahan, dan beragam perasaan sakit lainnya yang dapat menyesakkan dada. Menyendiri, menjauh dari lingkungan sosial, malah akan membuat kamu hanya terfokus kepada cintamu yang gagal dan yang ada dalam pikiranmu hanyalah dia.

Iklan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang baru saja putus cinta adalah mengurung diri di kamar, menjauh dari teman-temannya, ini akan membuatmu sedih, terluka dan merasakan sakit untuk waktu yang lebih lama.

Padahal jika kamu mau bergabung ke lingkungan sosial, kamu bergaul dengan teman-teman, bercerita, curhat, bercanda, lambat laun akan menghapus rasa duka, lara di dalam hatimu, karena sebuah memori akan tertutup memori yang baru.

2. Berada di tempat ketinggian dan tempat berbahaya lainnya

Orang yang baru saja mengalami putus cinta, jiwanya masih dalam keadaan terganggu, belum stabil masih labil dan terkadang bisa melakukan sesuatu hal yang berada di luar nalar dan logika. Saya pernah membaca sebuah kisah seorang pasangan kekasih bunuh diri dengan gantung diri, meminum racun dan beragam cara lainnya, ini salah total, ini kesalahan fatal.

Membunuh diri sendiri adalah sebuah dosa besar. Bukankah kita hanya hidup sementara di dunia ini dan akan bekal di akhirat nanti?

Yakinkah dirimu bahwa dia adalah cinta terbaikmu, jika memang dia cinta terbaikmu kenapa dia meninggalkanmu? Bukankah cinta sejati adalah cinta yang bertahan dalam godaan, cobaan, bertahan dalam kesetiaan, menerima dengan tulus tanpa pamrih dan tanpa perbandingan.

Jika waktu telah berlalu kamu akan menyadari bahwa ada cinta lain yang lebih baik daripada cintamu saat ini. Nasihat ini tidak akan bisa didengar oleh orang yang baru putus cinta karena seorang yang baru saja putus cinta tidak akan mau mendengarkan nasihat, tidak bisa memikirkan hal-hal positif, karena hatinya penuh dengan derita, duka, dan kesakitan.

Namun kamu akan menyadari kebenaran perkataan ini, ketika kamu telah berhasil bangkit di kemudian hari.

3. Memaksakan diri untuk melupakannya

Semua orang yang terluka hatinya karena cinta pasti ingin menghapus segala ingatan tentang dia. Namun kesalahan yang selalu diulang oleh orang yang jatuh cinta adalah ingin cepat-cepat melupakan dia dari ingatan kita.

Padahal untuk lupa butuh proses dan waktu, jika kita memaksakan diri untuk segera melupakan dia, ini hanya akan menambah sakit dalam dada. Biasanya untuk segera melupakan dirinya kita harus menghapus nomor kontaknya, menghapus foto yang ada di dalam HP kita, mendelcon sosial media miliknya.

Padahal jika kita melakukan ini pada saat hati masih teramat sakit, kita akan memandang dirinya dan itu sangat menyakitkan, apalagi jika masih ada rasa cinta di dalam diri kita, ini akan lebih menyakitkan lagi.

Kita bisa dengan mudah menghapus foto yang ada di HP kita, foto yang ada di laptop maupun beragam perangkat lainnya, namun untuk kontak, akun sosial media, dan beragam kontak dirimu dengan dirinya biarkanlah saja, karena jika kamu menghapus semuanya dalam waktu yang sekejap, bisa saja ada rasa bersalah dalam dirimu yang membuatmu semakin sakit dan menderita.

Pepatah yang mengatakan biarlah waktu yang menjawabnya, ini benar adanya

Karena cinta yang berasal dari kepalsuan akan memudar dengan sendirinya, namun cinta sejati tetap abadi dan kekal di dalam jiwa pemiliknya. Cinta sejati membutuhkan adanya persaksian, ijab qobul dan segala syarat legal formal lain yang memungkinkan mereka berdua untuk sah hidup bersama dan membangun mahligai rumah tangga yang penuh dengan kebahagiaan.

4. Update status di sosial media

Sosial media seperti halnya Facebook sekarang sudah menjadi trend tersendiri, mau tidur update status, mau mandi update status, mau makanan update status, bahkan kepleset pun update status. Tapi untuk orang yang baru saja putus cinta sebaiknya hindari sosial media. Jangan update status ketika hati anda masih dalam keadaan tidak stabil, karena bisa saja Anda update status hal-hal yang tidak Anda duga.

Kemarahan, kebencian, yang ada di dalam diri anda bisa membuat diri anda labil. Saat anda menerbitkan tulisan anda, maka seluruh orang di dunia tahu apa yang sedang anda alami, apa yang sedang Anda rasakan.

Ada beragam hal negatif ketika anda update status ketika baru putus cinta, Anda bisa saja menjadi seorang yang dipandang rendah di hadapan teman-teman Anda, Anda bisa update status dengan sesuatu yang kurang baik tanpa anda sadari.

Ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika anda baru saja putus cinta, semoga anda menemukan cinta sejati Anda yang terbaik dengan segera.

Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC