Buat Judul Artikel? Hindari Bahasa Ambigu!

Sebenarnya judul artikel adalah kunci utama dan merupakan gerbang pertama yang akan mengundang pengunjung untuk berkunjung ke website yang kita miliki. Ketika kita melihat situs-situs besar seperti Detik, Liputan6, atau ketika Anda melihat aplikasi Babe (Baca Berita). Anda akan melihat judul bombastis unik yang memancing rasa penasaran Anda, sehingga Anda ingin melihat isi dari konten tersebut.

Sayangnya, akan halnya seorang pemula seperti saya, ketika ingin membuat judul unik seperti itu justru tidak membuat judul menjadi menarik, tetapi membuat judul menjadi ambigu dan tidak menarik untuk dibaca.

Berikut ini adalah contoh dari judul salah satu yang saya buat:

“Tips Membuat Anak agar Mau Menuruti Perintah Kita”

Dari contoh judul di atas, kita sudah bisa melihat beberapa kesalahan, yang pertama adalah kesalahan jeda dalam penulisan.

Tips membuat anak, agar mau menuruti perintah kita.

Jika kita membaca dengan meletakkan jeda kita di situ, maka akan menjadi sebuah frasa kata yang memiliki arti yang berbeda dari frasa yang akan kita sampaikan. Padahal seorang pembaca bisa seenaknya sendiri meletakkan jeda ketika mereka membaca.

Iklan

Kesalahan yang selanjutnya adalah penggunaan kata kita pada akhir kalimat.

Tips membuat anak agar mau menuruti perintah kita.

Padahal kata kita memiliki arti jamak yang semua orang bisa masuk di dalamnya. Padahal pembaca kita adalah orang-orang dengan latar belakang dan usia yang tidak kita ketahui. Mulai dari anak-anak remaja, orang dewasa baik yang sudah menikah atau pun belum.

Sehingga jika kita menggunakan kata “kita” hal itu kurang mengerucut. Maka sebaiknya kata ini kita ubah menjadi “orang tua”

Tips membuat anak, agar mau menuruti perintah orang tua.

Agar kalimat judul di atas tidak memiliki potensi pemaknaan ambigu maka kalimatnya kita rubah menjadi:

Tips agar Anak Menuruti Perintah Orang Tua

Proses membuat judul seperti ini tidaklah sebentar, karena kita harus membacanya berulang-ulang dan kita harus memperkirakan, apakah judul yang kita buat mengandung kata-kata yang berpotensi ambigu ataupun kurang efektif.

Ada tiga hal yang perlu kita lakukan untuk untuk mengubah sebuah judul biasa menjadi menarik, yaitu:

  • Tulislah semua ide judul yang muncul di kepala anda.
  • Bacalah kembali secara berulang-ulang semua judul yang telah anda tulis.
  • Pilihlah judul sesuai dengan target pembaca anda. Jika target anda adalah seorang pengajar maka gunakanlah bahasa yang formal. Akan tetapi jika target pembaca anda adalah anak muda, maka gunakanlah bahasa yang lebih sesuai untuk mereka.
Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC