Cara Charge Smartphone yang Benar

Cara charge smartphone yang benar, mungkin kadang kita tidak menghiraukan hal tersebut yang sebenarnya sangat penting bagi ‘keawetan’ umur baterai smartphone kita. banyak dari kita yang menggunakan smartphone sampai baterainya habis baru di charge atau menggunakannya sambil dicharge, padahal hal tersebut dapat menjadikan umur baterai smartphone menjadi lebih pendek.

Rata – rata waktu pakai smartphone adalah 4-5 Jam, tentunya waktu tersebut tidak cukup untuk menemani aktivitas kita seharian. maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips cara mencharge smartphone yang benar agar umur baterai menjadi lebih panjang.

1. Jangan dibiarkan sampai habis

Habis

Sisakan daya dalam baterai sekitar 50% atau minimal 20%. Smartphone-smartphone modern saat ini sudah menggunakan baterai berbahan litium-ion, yang cara perawatannya pun berbeda dengan baterai bahan nikel. Tetapi, sesekali daya baterai bahan litium-ion ini juga perlu “dikuras” hingga habis untuk keperluan kalibrasi misalnya sebulan sekali.

 

2. Jangan dicharge semalaman / dengan waktu yang lama

Cara Charge Smartphone Yang Benar
Charge Semalaman

Kebiasaan mencharge smartphone semalaman / sambil ditinggal tidur sebenarnya juga tidak baik untuk ‘kesehatan’ baterai dan dapat merusak baterai dalam waktu singkat apabila dilakukan secara terus – menerus (sering).

✔ Populer :  Tips Mengambil Video Lebih Maksimal di Smartphone

 

3. Jangan digunakan sampai dicharge

Digunakan Sambil Dicharge

Hal ini juga dapat memperpendek umur baterai bahkan merusaknya. apabila anda sering menggunakan smartphone sambil dicharge maka baterai anda akan bocor atau ‘menggembung’ yang dapat mengurangi umur baterai.

 

4. Hindari tempat yang panas

Tempat Yang Panas

Baterai berbahan litium idealnya disimpan dalam suhu 15 derajat celsius. Suhu ekstrem yang bisa dihadapinya adalah antara minus 40 hingga 50 derajat celsius. Maka dari itu hindari meletakkan smartphone ditempat yang panas seperti di samping laptop, diatas dashboard mobil, dll.

 

5. Langsung ke soket listrik

Langsung ke Soket

Metode pengisian ulang baterai secara nirkabel dan menghubungkan smartphone dengan USB komputer atau laptop menggunakan kabel data/charger menghasilkan panas yang tidak baik untuk baterai. Metode paling direkomendasikan adalah dengan cara menghubungkan charger dengan soket listrik langsung, metode ini menjadikan pengisian baterai lebih cepat dan aman jika dibandingkan cara lain.

 

BAGIKAN