Cara Hemat Kuota Internet di Laptop dan Smartphone

Cara hemat Kuota Internet – Dahulu, banyak orang yang bergantung pada pulsa untuk sarana komunikasi. Namun, sekarang berbeda karena pulsa untuk bertelepon atau SMS tidak lebih penting dari kuota internet. Sayangnya, kuota internet itu lebih cepat habis dibandingkan dengan pulsa biasa.

Misalnya, ketika menggunakan smartphone untuk streaming video, kuota internet akan cepat sekali habis. Hal ini yang selalu dikeluhkan, terlebih saat ini banyak media sosial yang mengharuskan sistem untuk membuka media berbasis video dan gambar. Tentunya, media seperti itu akan lebih cepat lagi menyedot kuota internet hingga habis tak bersisa.

Adakah cara mudah menghemat kuota internet di laptop dan smartphone?

Untuk menyiasatinya Anda bisa memanfaatkan browser internet seperti Google Chrome. Browser Chrome mempunyai fitur yang diklaim dapat menghemat kuota internet secara signifikan. Saat ini, Google sudah menyediakan fitur tersebut untuk perangkat laptop dan smartphone.

Meski browser cenderung memiliki keterbatasan dalam membuka media sosial Path dan Snapchat, setidaknya Anda masih bisa membuka media sosial lain seperti Facebook serta Twitter.

Bagaimana cara menghemat kuota internet di laptop dengan Google Chrome?

Kalau Anda mengakses Google Chrome di laptop, Anda bisa menggunakan ekstensi Google Chrome yang dapat digunakan untuk menghemat kuota internet yang bernama Data Saver. Ekstensi tersebut akan menghemat pemakaian internet dengan cara mengompres halaman website agar lebih ringan saat diakses. Jika halaman yang diakses begitu ringan, otomatis kuota internet akan terpotong sedikit.

Untuk memasang ekstensi Data Saver di browser, Anda bisa mengunduh ekstensi tersebut dari Google Chrome. Caranya, buka Google Chrome, kemudian kunjungi Chrome Web Store. Setelah itu, cari ekstensi Data Saver. Jika sudah ketemu, klik pada tombol biru bertuliskan TAMBAH KE CHROME atau ADD TO CHROME. Apabila sudah ditambahkan, Data Saver akan langsung aktif di laptop Anda. Data Saver akan menampilkan jumlah data yang berhasil dihemat dan akan ditampilkan dalam satuan persen.

Sekarang berlanjut cara hemat kuota internet di perangkat smartphone. Berbeda versi laptop, kalau Google Chrome versi smartphone tidak bisa diselipkan ekstensi. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena Google Chrome pada smartphone sudah dibekali dengan fitur penghemat data bawaan. Fungsi nya hampir sama dengan Data Saver pada laptop, hanya saja, penghemat data pada smartphone terlihat lebih simpel.

Untuk mengaktifkan penghemat data pada smartphone, Anda cukup membuka browser Google Chrome di smartphone. Kemudian klik tombol tiga titik yang terdapat di kanan atas. Setelah itu, pilih menu Setting > Data Saver dan aktifkan fitur tersebut. Dengan mengaktifkan fitur Data Saver versi smartphini Anda bisa menghemat kuota internet lebih besar. Silakan Anda bisa membandingkan sendiri, saat belum mengaktifkan dan setelah mengaktifkan Data Saver.

Semoga setelah ini kuota internet Anda menjadi lebih hemat dan tidak boros lagi.

BAGIKAN