Cara Melakukan Siaran Langsung di Facebook

Fitur baru Facebook yaitu live streaming video atau siaran langsung sekarang bisa digunakan oleh semua pengguna Facebook. Sebelumnya, fitur ini baru bisa digunakan oleh para selebritis yang sudah mendapatkan tanda ceklist dari Facebook. Salah satunya yang sering melakukan siaran langsung atau Live Streaming Facebook ini adalah grup Band Slank. Baca juga: Tips dan Trik Fitur Baru Facebook

Fitur live streaming Facebook ini sangat mudah digunakan oleh para pengguna Facebook, terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa dengan Periscope. Namun jangan terlalu berharap akan banyak penonton dalam waktu singkat untuk live streaming di Facebook kamu.

Iklan

Berikut langkah-langkah melakukan siaran langsung video Facebook :

  1. Ikon streaming video Facebook berada di sebelah ikon Check In. Bagi kamu yang belum memposting status terbaru, akan melihat pesan ini mengambang di atas ikon: “Baru! Rekam dan berbagi video langsung”.
  2. Kemudian,  pilih ikon dan berikan izin mengakses kamera dan mikrofon Facebook.
  3. Tekan “lanjutkan” tambahkan deskripsi mengenai siaran Kamu dan pilih Go Live ketika Kamu sudah siap. Di layar yang sama, pilih pengaturan privasi, apakah ingin berbagi dengan publik atau hanya teman saja.
  4. Selama siaran berlangsung, kamu akan melihat berapa banyak penonton yang kamu miliki dan dapat menanggapi komentar secara langsung. Kamu juga dapat menyembunyikan komentar atau mengganti kamera depan dan belakang ponsel kamu.
  5. Akhiri siaran Kamu ketika Kamu sudah selesai dengan memilih Stop. Video kamu akan secara otomatis tersimpan di Facebook Page kamu bagi para penggemar agar dapat kembali ditonton. Namun, kamu juga dapat menghapusnya setiap saat, sama seperti postingan lainnya.

Sebagai catatan, jika kamu melakukan live streaming ini dengan kamera belakang bisa menggunakan modus potret maupun landscape. Jika melakukan pengambilan gambar dalam modus potret, komentar secara langsung Facebook akan muncul di bawah video yang telah disiarkan. Sedangkan dalam modus landscape, komentar akan muncul di sisi kanan video kamu. Baca juga: Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook

Selain itu, koneksi jaringan harus dalam kondisi yang baik. Bahkan, disarankan untuk melakukannya dengan menggunakan WiFi. Sayangnya, Live streaming video Facebook ini tidak seperti Periscope, yang terdapat postingan pemberitahuan kepada semua pengikut Twitter, bahwa Kamu sedang melakukan siaran langsung. Video langsung Facebook tidak ada pemberitahuan. Jadi ada baiknya kamu mengumumkan sebelumnya dengan posting lain, ketika berencana untuk siaran langsung.

BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.