Cara Membuat Donat Kentang Mudah dan Lezat

Cara membuat donat kentang – Donat adalah salah satu kue jajanan yang sangat familiar. Kue bulat dengan lubang di tengahnya ini sangat digemari banyak orang terutama anak-anak, karena rasanya yang manis dan empuk serta membuat perut terasa kenyang jika disantap.

Makin hari donat hadir dengan banyak variasi. Ada yang menggunakan bahan dasar kentang, ketela, labuh ungu, tape dan juga talas. Sedangkan topping-nya beragam mulai dari mesis aneka warna, coklat blok aneka rasa, keju, susu, kismis, kacang tanah, kenari, aneka selai seperti nanas, strobery, blueberry, pisang dan masih banyak lagi lainnya.

Apakah anda dan juga keluarga anda termasuk pencinta donat? Daripada beli di luar belum tentu cocok rasanya serta tidak tahu kebersihannya, tidak ada salahnya Anda membuat sendiri dengan memberikan toping sesuai kesukaan keluarga anda.

Berikut ini akan penulis berikan resep membuat donat kentang yang dijamin rasanya nikmat.

Bahan-bahan membuat donat kentang

  • 1 kg tepung terigu khusus untuk roti
  • 1/2 kg kentang rebus halus kan
  • 2 ons gula pasir
  • 2 ons mentega
  • 4 kuning telur
  • 1 bungkus fernipan
  • Air secukupnya (kira-kira 1 gelas)

Cara membuat donat kentang

Campur semua bahan jadi satu kecuali air dalam wadah. Sambil diaduk terus, masukkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga merata.

Dikatakan rata jika adonan sudah tidak menempel di tangan. Kira-kira membutuhkan waktu setengah jam untuk membuat adonan merata. jangan lupa juga untuk sekali-kali membanting adonan agar tidak pecah. Jika adonan siap, diamkan hingga mengembang dan tutuplah dengan kain basah atau lembab.

Jika sudah mengembang, sebelum dibuat bulatan, pukul adonan hingga kempis. Selanjutnya buat bulatan dengan ukuran sesuai yang diinginkan. Diamkan sebentar hingga mengembang kira-kira 15 menit.

Panaskan minyak untuk menggoreng. Ambil adonan, lubangi tengahnya hingga membentuk cincin. Goreng dengan api sedang dan jangan lupa bolak balik ketika menggoreng.

Ketika sudah berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Jangan ditumpuk, kemudian biarkan menjadi dingin.

Jika donat sudah dingin, siap diberi toppingnya. Oleskan mentega, beri taburan mesis. Terakhir, tambahkan susu kental manis dan donat kentang pun siap dihidangkan. Selamat mencoba!

loading...
BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.