Cara Membuat PCB Sendiri

Cara membuat PCB sendiri sekarang sudah sangat mudah dilakukan. PCB bukan lagi sesuatu yang asing bagi pehobi elektronika (seharusnya 🙂 ). Meskipun sudah menjadi barang yang familiar, mari kita bahas sedikit mengenai definisi PCB. PCB (printed circuit board) merupakan papan rangkaian elektronika yang berupa jalur-jalur tembaga.yang siap dipasangi komponen elektronika. Pemasangan komponen bisa dengan beberapa cara, salah satunya disolder menggunakan timah.

Dalam pembuatan PCB terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama adalah tahap perancangan skematik rangkaian elektronika yang akan kita buat PCB –nya. Tahap selanjutnya di sebut tahap routing atau mengubah rancangan rangkaian dari bentuk skematik menjadi tampilan PCB siap print. Cara membuat PCB yang terakhir adalah proses eksekusi, yaitu proses printing dan pelarutan. Mari kita bahas tahapan pembuatan PCB satu per satu.

Tahap perancangan menjadi langkah pertama dalam proses membuat PCB. Skematik rangkaian yang akan kita buat PCB-nya perlu dirancang sebaik mungkin. Pastikan semua spesifikasi komponen, mulai dari ukuran fisik hingga besaran-besaranya.

Tahap membuat PCB selanjutnya adalah proses routing. Proses ini bisa dilakukan secara manual bisa juga dengan bantuan software. Routing secara manual bisa dibilang cara paling mudah. Cukup gunakan spidol permanen atau rugos untuk menandai jalur PCB. Setealh selesai menggambar jalur, PCB polos siap untuk dilarutkan. Namun kekurangan membuat PCB dengan cara manual adalah hasilnya yang tidak terlalu bagus.

Untuk menghasilkan PCB dengan kualitas gambar yang bagus, anda bisa menggunakan bantuan software seperti eagle, PCB wizard, atau yang lainya. Dari semua software PCB, kebanyakan pehobi elektronika menggunakan software Eagle. Anda bisa googling dengan mudah untuk mendapatkanya. Untuk penjelasan cara membuat PCB menggunakan Eagle  Insya Allah akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Langkah terakhir dalam membuat PCB adalah printing dan pelarutan. Proses ini mungkin menjadi bagian yang paling krusial, karena berhasil atau tidaknya proses pembuatan PCB sangat tergantung pada tahap ini. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas cara membuat PCB khusus manual secara mendetail. Untuk tutorial pembuatan PCB menggunakan Eagle bisa dibaca pada artikel cara membuat PCB dengan EAGLE. Adapun tahapan membuat PCB adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan skema rangkaian yang akan dibuat PCB nya. Jika anda menggunakan cara manual, maka tentukan terlebih dahulu tata letak komponen beserta tata jalur pada kertas. Bagi yang menggunakan software Eagle bisa melihat di cara membuat PCB menggunakan Eagle.
  2. Siapkan PCB polos, kemudian bersihkan permukaan tembaga menggunakan kertas gosok atau amplas sambil diberi sedikit air. Bersihkan lalu keringkan.
  3. Gambar tata jalur PCB pada bagian permukaan tembaga menggunkanan spidol permanen. Lebar jalur untuk menggambar PCB biasanya berkisar antara 0,8 – 1,0 mm. Jika anda menggunakan rugos, maka pilih rugos dengan pola garis lurus tipis dan pola lubang. Gunakan cutter untuk membuat atau memotong jalur yang sudah digambar dengan rugos.
  4. Pastikan setiap jalur yang dibuat sesuai dengan skema rangkaian. Perhatikan mana jalur yang seharusnya terhubung dan mana yang tidak terhubung.
  5. Potong PCB sesuai ukuran tata jalur yang sudah digambar. PCB yang tidak dipotong membuat proses pelarutan berlangsung lama.
  6. Siapkan wadah plastik dan air panas. Campurkan serbuk FeCl3 dengan air panas didalam wadah plastic. Jika semua serbuk sudah larut dengan air, masukkan papan PCB kedalam larutan FeCl3 Proses pelarutan ini biasa disebut Etching.cara membuat pcb sendiri
  7. Goyangkan wadah plastik secara perlahan utuk mempercepat proses peleburan tembaga pada PCB. Umumnya proses etching tidak berlangsung lama. Jika semua lapisan tembaga selain tata jalur sudah terlihat luntur, maka papan PCB sudah bisa diangkat.membuat pcb sendiri etching
  8. Setelah papan PCB diangkat menggunakan kain (usahakan tangan jangan menyentuh larutan) segera cuci dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan. Lalu keringkan PCB, bisa menggunakan lap atau bisa juga diangin-anginkan.
  9. Langkah selanjutnya siapkan bor listrik dengan diameter mata bor 0,8 – 1 mm. Lubangi jalur yang berbentuk lingkaran secara perlahan.
  10. Lubangi keempat sudut papan PCB untuk meletakan Gunakan bor listrik berdiameter 3 mm.
  11. Setelah semua proses diatas selesai, bersihkan PCB menggunakan amplas dan bilas dengan air untuk menghilangkan tinta. Namun jika komponen belum akan dipasang, disarankan untuk tidak mengamplas terlebih dahulu dan baru dibuang tintanya saat komponen akan dipasang untuk menghindari karat tembaga yang timbul.cara membuat pcb sendiri

Demikian ulasan singkat bagaimana cara membuat PCB sendiri. Untuk bahan-bahannya bisa didapatkan di toko elektronik terdekat. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel elektronika yang lain seperti rangkaian lampu tidur otomatis, pengertian transistor, dan pengertian dioda. Sekian, Salam Engineer.

BAGIKAN
Seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. kontak hubungi mohnurfauzan18@gmail.com