Cara Membuat Sablon Digital Menggunakan Setrika Biasa

Pernahkah anda membayangkan membuka bisnis sablon digital dengan modal setrika biasa yang ada di rumah?

Jika Anda belum pernah membayangkan hal ini maka sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai habis, karena saya akan menjelaskan cara membuka bisnis sablon digital dengan modal setrika listrik yang ada di rumah kita. Dan inilah yang saya lakukan ketika awal membuka usaha sablon digital.

Iklan

Prinsip kerja dari sablon digital adalah memindahkan gambar yang telah kita cetak menggunakan printer ke dalam kaos. Media yang digunakan untuk memindahkan gambar ini disebut sebagai transfer paper.

Transfer paper membutuhkan daya panas yang tinggi untuk mencairkan tinta agar meresap ke serat kain. Hal ini biasa dilakukan oleh tukang sablon profesional menggunakan alat hot press. Akan tetapi jika anda tidak memiliki alat ini anda bisa menggunakan setrika listrik dengan cara sebagai berikut.

  1. Siapkan kertas transfer paper (Anda bisa membelinya di toko sablon digital).
  2. Cetak gambar Anda ke kertas transfer paper.
  3. Biarkanlah tinta meresap dan mengering di kertas transfer paper (biarkanlah beberapa saat). Untuk hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan printer sublim dan tinta sublim khusus untuk sablon digital.
  4. Letakkan kaos anda dan rapikan.
  5. Untuk sablon kaos warna hitam anda perlu mengelupasnya terlebih dahulu kemudian meletakkannya di atas kaos setelah itu lapisilah dengan kertas kalkir, Sedangkan untuk kaos warna putih Anda bisa meletakkannya langsung di kaos dan menyetrikanya.

Pastikan setrika dalam keadaan sangat panas sehingga kertas transfer paper akan melekat kuat ke dalam kain. Setrikalah secara perlahan dan sambil diberi sedikit tekanan.

Pastikan seluruh kertas dan gambar terkena panas dari setrika. Setelah itu Anda bisa mendinginkan kaos Anda sejenak kemudian lepaskanlah kertas transfer paper atau kertas kalkir dari kaos anda.

Lihatlah hasil dari gambar yang ada di dalam kaos Anda. Jika gambar tidak mengelupas ketika anda kibaskan maka gambar sudah melekat sempurna. Akan tapi jika ada bagian samping dari gambar yang mulai mengelupas berarti setrika yang Anda gunakan kurang panas.

Tempelkanlah kembali kertas kalkir maupun kertas transfer paper Anda kemudian setrikalah kembali dan pastikan setrika anda dalam keadaan panas. Setelah itu Anda akan melihat gambar anda lebih melekat dengan sempurna.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC