Cara Mendapatkan Gambar Bebas Copyright dari Google

Gambar Bebas Hak Cipta – Satu gambar seribu makna, tanpa gambar sebuah tulisan akan terasa hambar. Mungkin kalimat tersebut sangat cocok mewakili fungsi dari gambar secara umum. Bagi yang pandai berkreasi menggunakan tool digital seperti photoshop atau coreldraw, menciptakan sebuah image sesuai keinginan tidak sulit.

Namun bagaimana dengan anda yang tidak mahir dengan tool-tool tersebut atau mungkin anda tidak memiliki cukup waktu untuk berkreasi? Khususnya bagi blogger yang memiliki sebuah situs, untuk mendapatkan image sesuai kata kunci tentu kita bisa mengambilnya di halaman pencarian google.

Masalahnya adalah tidak semua image bebas untuk kita pajang di situs kita karena image tersebut memiliki hak cipta. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mendapatkan gambar bebas hak cipta dari google? Mudah sekali!! ada 3 (tiga) cara untuk mendapatkan Gambar Bebas Copyright dari Google.

1. Opsi Setelan

Buka halaman google kemudian lihat pojok bawah sebelah kanan dari halaman pencarian google. Nanti anda akan menemukan tulisan “setelan” seperti yang terlihat pada gambar.

Klik “penelusuran lanjutan” dan masukkan kata kunci yang anda inginkan. Abaikan kolom yang lain, kemudian lihat kolom paling bawah yang bertuliskan “hak penggunaan”. Pilih “Bebas di gunakan atau dibagikan bahkan secara komersil” atau untuk anda yang ingin mengedit kembali image yang anda ambil dari google image pilih “Bebas digunakan, dibagikan atau dimodifikasi bahkan secara komersil ” Selanjutnya tekan penelusuran seperti dalam gambar (klik untuk memperbesar).

✔ Populer :  Bagaimana Mengetahui Prakiraan Cuaca dari Google?

Anda akan dibawa ke hasil pencarian dan pilih tab “Gambar” dan yang anda lihat adalah image yang boleh anda ambil untuk diletakkan di halaman situs komersial anda.

2. Opsi Tab Gambar

Pilihan menggunakan opsi ini berarti kita mengakses langsung dari tab “Gambar” dan mengetikkan kata kunci yang kita inginkan. Untuk lebih jelas lihat di bawah ini:

3. Opsi Kata Kunci (image search)

Opsi ketiga adalah melalui kata kunci “image advanced search“. Dengan kata kunci tersebut kita akan diberikan link menuju halaman pencarian lanjutan (advanced search). Opsi ini sepintas serupa dengan opsi nomor 1 (satu) di atas namun lebih khusus pada gambar. Setingan kata kunci dan hak penggunaan sama dengan penjelasan diatas (opsi pertama).

Dari semua pilihan diatas, cara yang paling cepat adalah opsi kedua namun terserah pada anda mau memilih metode yang mana. Ketiga cara tersebut saya paparkan agar kita memiliki gambaran tentang kemudahan fungsi pencarian yang disajikan oleh google search engine untuk tujuan-tujuan khusus (gambar bebas hak cipta).

BAGIKAN