Cara Atasi Malware Monkey Test dan Time Service [ Ghost Push Trojan ]

Belum lama ini saya mencoba menangani kasus android yang terkena malware Monkey Test dan Time Service pada android.

Pada suatu malam saya sempat didatangi rekan kerja dengan membawa sebuah android merk Samsung Fame, dan beliau mengatakan bahwa android tersebut sangat lambat atau lemot.
Lalu saya langsung memeriksa android tersebut, pertama-tama saya buka android tersebut untuk masuk ke pengaturan, tapi di sini saya hampir satu menit menunggu masuk pengaturan tersebut.

Saya juga tidak menyangka kalau ponsel tersebut benar benar berat dan itu pun pada saat saya mencoba membuka pengaturan tersebut dan saya ingin kembalikan ke halaman awal sudah tidak bisa, bisa dikatakan ponsel ini sedang hang.

Lalu saya langsung mencabut baterai dan memori eksternal nya.
(tidak direkomendasikan mencabut baterai jika tidak dalam keadaan darurat)

Lalu saya hidupkan kembali ponsel tersebut, pada saat dihidupkan pertama kali memang terasa sangat berat namun akhirnya saya masuk juga di pengaturan ponsel tersebut, lalu saya langsung masuk pada manajer aplikasi.

Kemudian saya lihat daftar aplikasi yang di download di manajer aplikasi tersebut terdapat dua aplikasi yang dimana saya baru melihatnya pada malam itu, jika aplikasi yang lain saya masih mengenali meskipun saya tidak memakai aplikasi tersebut.
Karena saya pun tidak tahu apa aplikasi tersebut lalu saya uninstall saja, disini saya masih mendapati ponsel ini berat saat digunakan.

Namun saya tidak lupa menguninstall aplikasi yang lain yang saya anggap tidak penting, setelah itu saya merestart atau menghidupkan ulang ponsel tersebut,  saat ponsel tersebut sudah posisi hidup dan saya cek ke manajer aplikasi ternyata dua aplikasi yang saya sebutkan tersebut kembali lagi.

Setelah kurang lebih 15 menit saya hidupkan ternyata ada aplikasi baru yang sudah terinstall, dan saya pun tidak merasa menginstall aplikasi baru tersebut, lalu saya uninstall kembali akan tetapi saat itu saya menguninstall bukan 2 aplikasi lagi, namun sudah 4 aplikasi yang harus saya uninstall.
Dan tidak lupa saya hidupkan ulang ponsel tersebut, begitu saat hendak masuk ke halaman awal ponsel ternyata  sistem melakukan pembaharuan dan menginstall secara otomatis dan tertulis dilayar ponsel tersebut sekitar 4 aplikasi yang di install oleh sistem.

Tidak lama ponsel pun sudah masuk ke halaman awal dan tanpa pikir panjang saya langsung cek ke pengaturan untuk memastikan ke 4 aplikasi tersebut, namun ternyata saya dapati aplikasi malware tersebut sudah terinstall kembali seperti biasa.

Karena saya merasa sudah tidak mampu membunuh kedua aplikasi tersebut maka jalan satu satu nya agar ponsel tersebut kembali normal adalah dengan mereset ulang agar sistem kembali bersih.

Saya langsung membicarakan hal tersebut kepada sang pemilik, tanpa ragu sang pemilik menyetujui jika ponsel tersebut akan saya reset ulang.

Sebelum saya mereset ulang ponsel tersebut saya tanyakan kepada pemiliknya jika semua data dan aplikasi di ponsel tersebut akan hilang kecuali data di penyimpanan eksternal.

Setelah disetujui lalu saya langsung memformat ponsel tersebut, namun sebelumnya saya sudah membackup kontak dan data lain menggunakan aplikasi pihak ketiga dan saya simpan data backup tersebut di penyimpanan eksternal.

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Memformat Ulang Ponsel Android :
1. Baterai minimal harus berada pada daya diatas 15%, jika dibawah itu segera isi ulang dahulu baterai ponsel tersebut minimal sampai daya menunjukan pada angka 50%.

2. Lepas semua yang ada pada ponsel seperti kartu sim, kartu memori dll.

3. Jika sudah maka kamu bisa melakukan pemformatan ponsel.

Pada saat ponsel tersebut sudah terformat habis saya berfikir mungkin sudah bisa digunakan secara normal kembali, kemungkinan saya hanya membuatkan akun baru dan menginstall aplikasi yang penting penting saja.

Untuk mengisi akun dan lain lain saya lewati semua dan saya sudah bisa memasuki layar awal ponsel tersebut dan langsung saya cek kembali di manajer aplikasi terutama di download.

Tapi lagi lagi saya mendapati aplikasi tersebut, namun yang ada hanyalah aplikasi Time Services dan monkey test tidak saya dapati disini. Selang beberapa menit saya cek kembali ke manager aplikasi tersebut dan sekarang saya mendapati monkey test sudah berada tepat dibawah Time Service.

Sekarang yang saya fikirkan adalah memflashing ulang atau mengganti data sistem yang baru pada ponsel tersebut.

Proses flashing atau Pembaharuan Sistem Android

Setelah bahan sudah siap saya langsung memflash ponsel tersebut menggunakan ODIN pada PC. Setelah proses selesai dan berhasil maka ponsel tersebut langsung hidup sendiri.

Seperti biasa saat hendak masuk ke halaman awal ponsel maka ponsel tidak langsung bisa masuk halaman awal begitu saja, akan tetapi ponsel akan menyempurnakan sistem dan aplikasi bawaan sistem terlebih dahulu.

Dan ternyata flashing tidak menemukan masalah yaitu ditandai dengan masuknya ponsel ke halaman awalnya, nah disini ponsel sudah mulai bisa diajak bersahabat dengan ditandai ponsel tidak terasa berat saat masuk ke pengaturan.

tapi saya benar benar kecewa pada saat saya masuk manajer aplikasi, tenyata Time Service masih barada di pada kolom download.

Saat ini saya sudah mulai kehilangan trik untuk memperbaiki ponsel tersebut karena selama ini saya memperbaiki ponsel jika sudah diflashing maka tidak akan lagi menemui masalah.
Saya berfikir dan saya akan coba kembali memflashing namun dengan cara yang berbeda.

Jika kamu menemukan kasus sama seperti diatas bisa ikuti cara ini :

1. Matikan ponsel

2. Masuk ke recovery ponsel

3. Reset all data dan delete cache partition

4. Jika sudah selesai semua jangan langsung di restart atau reboot namun nonaktifkan saja dengan menekan tombol power sampai ponsel mati, jika ponsel tersebut tidak mau mati silahkan cabut saja baterai nya.

5. Siapkan bahan bahan yang sudah didownload untuk flashing ulang

6. Masuk mode download pada ponsel dan jalankan program ODIN pada PC dan tancapkan sampai terbaca oleh ODIN dimana USB kita berada.

7. Lalu jalankan proses flashing dan tunggu sampai selesai dan jika sudah selesai maka ponsel akan mulai ulang atau booting ulang.

8. tunggu sampai ponsel pada tahap pendaftaran pertama kali, seperti mengisi akun dan lain lain.

9. Jika sudah sampai pada halaman awal dan ini saatnya kamu cek aplikasi pada kolom download, jika aplikasi yang saya sebutkan diatas sudah tidak ada lagi maka kamu sudah berhasil menghapus malware tersebut.

Kini ponsel tersebut sudah bisa digunakan seperti biasa.

Kesimpulan:
Saya pribadi menyimpulkan bahwa aplikasi malware tersebut ternyata memang tidak akan membuat ponsel kita mati dan tidak bisa digunakan, namun fungsi aplikasi tersebut hanya akan mengunduh dan menginstal aplikasi secara otomatis pada ponsel.

Tapi sayangnya aplikasi hasil dari malware tersebut sangat tidak penting dan merugikan kita, pasalnya aplikasi hasil dari malware tersebut bukan hanya akan memakan jaringan data tapi juga sangat boros di penggunaan baterai, selain itu ponselpun akan terasa berat karena malware tersebut menguasai sistem ponsel kamu.

Pencegahan:
Bagaimana agar malware tersebut tidak terinstal di ponsel?

Salah satu nya adalah jangan menginstall aplikasi selain di toko aplikasi, tapi itu bukan jaminan ponsel kamu tidak terkena malware, karena malware tersebut banyak cara agar bisa masuk dan terinstall di ponsel kamu. Tetapi jika kamu sudah memahami dan mengerti  tentang android maka menginstall aplikasi selain di toko aplikasi resmi itu tidak akan jadi masalah.

Demikian pengalaman saya cara mengatasi dan menghapus aplikasi malware yang bernama Monkey Test dan Time Service.
Penulis tidak bertanggung jawab jika dikemudian hari kamu mencoba cara diatas dan terjadi hal hal yang tidak diinginkan, karena memflashing sebuah ponsel tanpa ketelitian yang tinggi dan ilmu yang cukup maka resiko nya adalah bisa saja ponsel mati total dan tidak bisa digunakan.

Jika terjadi kasus yang serupa maka lebih baik serahkan kepada yang lebih ahli dalam memperbaiki  ponsel tersebut. Jika kamu mau membawa ponsel tersebut ke GERAI RESMI maka itu akan lebih baik.

Video cara memeriksa apakah ponsel terinfeksi virus atau tidak :

loading...
BAGIKAN
Berusaha memberi yang terbaik dan bermanfaat bagi sesama ...