Cara Mengedit Artikel dengan Cepat dan Tepat

Kegiatan editing artikel biasanya dilakukan oleh seorang editor. Namun seiring dengan perkembangan zaman kegiatan editor ini dilakukan oleh seorang penulis, mulai dari blog besar sekala perusahaan, sampai blog yang dikelola oleh orang secara personal.

Selain itu, kegiatan editing juga dilakukan oleh para jurnalis sebagai laporan pekerjaannya, maupun oleh seorang Novelis ketika dia menyusun sebuah buku. Ternyata kegiatan editing ini adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan kecermatan dalam membaca dan kegiatan ini memang sangat melelahkan.

Iklan

Bahkan terkadang ada artikel yang telah kita edit berkali-kali namun masih tetap ada kesalahan penulisan maupun tanda bacanya. Ternyata ketika kita mengedit sebuah artikel, kita melakukan kesalahan dasar dengan membaca dan mengedit artikel secara keseluruhan.

Padahal jika kita melakukan hal ini, kita akan sering menemukan kesalahan kata, tanda baca, maupun penulisan yang ada di dalam artikel yang belum sepenuhnya kita edit secara sempurna.

Agar kita tidak melakukan pengulangan-pengulangan pengeditan yang membutuhkan waktu yang sangat lama yang menyebabkan kita kelelahan hanya karena mengedit satu artikel. Sebenarnya kita bisa melakukan cara sederhana dalam mengedit, yaitu dengan membaca satu bait per bait dari artikel tersebut.

Dengan membaca satu bait per bait kita akan lebih teliti ketika terdapat sebuah kesalahan dalam artikel. Ketika satu paragraf telah kita edit kita akan membaca ulang. setelah kita anggap tulisan ini mudah untuk dibaca oleh pembaca dan mudah untuk dipahami oleh pembaca dan kita juga paham dalam sekali baca. Maka kita bisa berpindah ke paragraf berikutnya dan hal ini kita lakukan terus sampai artikel selesai.

Hal ini ternyata akan lebih efektif ketika kita mereview ulang tulisan yang telah kita edit. Karena justru dengan mengedit bait per bait kita tidak akan melakukan pengulangan dalam editing. Karena biasanya ketika kita mereview dalam review yang kedua. Tulisan yang kita edit sudah rapi dan tertata sehingga siap untuk kita publikasikan maupun kita simpan dalam draf buku.

Inilah cara editing yang bisa kita lakukan agar kita bisa cepat menghasilkan artikel yang bagus dalam waktu yang singkat.

Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC