Resep Membuat Manisan Kolang Kaling Fanta Sederhana & Praktis

Erudisi.com – Kolang kaling merupakan salah satu bahan cemilan yang berasal dari biji buah aren. Teksturnya yang lembut, kenyal dan menyegarkan menjadikannya banyak diminati terutama sebagai tambahan / bahan makanan penyejuk dan cemilan segar.

Kali ini kami akan menyampaikan cara membuat manisan kolang kaling fanta yang sederhana namun bisa dijadikan cemilan yang sangat lezat untuk keluarga tercinta.

Bahan Membuat Manisan Kolang kaling

  • 1 kg buah kolang kaling segar
  • 250 gr gula pasir
  • 2 sachet vanili
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 botol kecil fanta
  • 2 ltr air cucian beras
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Tambahan pewarna makanan (jika suka)

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

  • Pertama-tama siapkan air bekas cucian beras dalam wadah kemudian rendam kolang kaling selama 3-4 jam lalu cuci bersih dan tiriskan. Tujuan perendaman ini agar kolang kaling menjadi tidak asam dan kesat (tekstur kolang kaling cenderung licin).
  • Panaskan air sampai mendidih, lalu masukkan kolang kaling sambil diaduk-aduk selama 10-15 menit. Kemudian buang airnya dan tiriskan.
  • Kemudian didihkan air lalu tambahkan sedikit garam, daun jeruk, daun pandan. Jika sudah mendidih masukkan kolang kaling dan masak hingga air menyusut sambil sesekali diaduk. Biasanya memakan waktu sekitar 30-40  menit.
  • Jika air sudah tinggal sedikit, masukkan gula. Lalu aduk hingga gula larut. Kemudian masukkan fanta lalu masak hingga kuah menyusut dan mengental. Jika dirasa warnanya kurang, bisa ditambahkan sedikit pewarna makanan yang sesuai. Misalnya fanta yang digunakan berwarna merah, maka bisa ditambahkan sedikit pewarna makanan yang berwarna merah sesuai selera. Jika kuah sudah menyusut, kemudian angkat dan diamkan ditempat terbuka hingga dingin. Setelah dingin bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Manisan kolang kaling akan lebih nikmat dan segar jika dinikmati dalam keadaan dingin.
✔ Populer :  Cara Membuat Kintuk Banten

Tips Membuat Manisan Kolang Kaling

Berikut ini beberapa tips dalam membuat manisan kolang-kaling.

  1. Pilih kolang kaling yang tidak terlalu tua. Karena jika terlalu tua maka tekstur kolang kaling menjadi keras. Kolang kaling yang sudah tua biasanya dibagian tengahnya terdapat bagian yang lebih putih, sedangkan yang bagus dibagian tengahnya tidak terdapat bagian putih dan lebih transparan.
  2. Pilih kolang kaling yang agak kekuningan. Karna biasanya yang dijual dipasaran banyak yang sudah diberi tawas supaya terlihat lebih putih dan kenyal.
  3. Jika tidak suka menggunakan fanta dalam membuat manisan kolang kaling, fanta bisa diganti dengan sirup atau pewarna makanan lainnya. Rasanya juga tidak kalah nikmat.
  4. Untuk membuat kolang kaling menjadi lebih kesat juga bisa dicuci menggunakan air yang didalamnya diberi beberapa helai daun sereh. Namun cara ini belum tentu bisa menghilangkan rasa asam dari kolang-kaling. Cara ini hanya membuat kesat.
  5. Jika kolang kaling sudah dibeli namun belum sempat langsung diolah, maka bisa direndam dengan air bersih dan diganti airnya setiap 12 jam. Maka kolang-kaling bisa tetap segar.
✔ Populer :  Resep Seblak Kering

Demikian resep manisan kolang-kaling yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat.

BAGIKAN