Cara Mudah Membuat Roti Jahe

Roti jahe termasuk kedalam jenis kue kering yang cocok disantap saat musim penghujan. Sebagai orang asli pribumi, pastinya sudah tidak asing lagi mendengar roti jahe. Kue dengan aroma khas jahe ini, juga bisa menjadi salah satu camilan yang pas untuk Anda dan keluarga untuk mengisi saat santai.

Roti jahe juga bisa disajikan dalam acara khusus seperti arisan, reuni keluarga maupun saat lebaran Idul Fitri. Untuk mempersiapkan kue kering roti jahe buat jajan lebaran, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Iklan

Nah, buat Anda yang mencoba membuatnya sendiri, kali ini kami akan berbagi resep dan cara mudah membuat roti jahe. Untuk selengkapnya simak resep berikut.

Bahan yang harus disiapkan membuat roti jahe

  • 500 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung beras
  • 200 gram mentega
  • 2 kuning telur
  • 100 gram gula halus atau sesuai selera
  • 3 ruas jahe atau sesuai selera

Cara membuat roti jahe

  1. Masukkan mentega, gula halus dan telur dalam satu wadah, kemudian kocok (bisa juga menggunakan mixer) agar tercampur sempurna.
  2. Tambahkan tepung terigu dan tepung beras yang sudah disangrai. Tambahkan jahe yang sudah diparut lalu aduk hingga adonan rata atau kalis.
  3. Jika adonan sudah kalis, ambil sebagian adonan kemudian pipihkan menggunakan penggilas (bisa juga menggunakan botol kaca yang bersih).
  4. Setelah itu bentuk adonan yang sudah dipipihkan menggunakan cetakan dengan berbagai bentuk lalu taruh di atas loyang yang sudah diolesi dengan mentega. Cetakan yang digunakan sama persis dengan cetakan untuk membuat kue kacang.
  5. Selesai mencetak semua adonan, langkah selanjutnya adalah proses pemanggangan. Panggang roti jahe menggunakan suhu 180°C selama 20 – 25 menit.

Selesai dipanggang, angkat roti jahe, tunggu hingga dingin kemudian sajikan dan roti jahe siap untuk dinikmati.

Itulah cara mudah untuk membuat roti jahe, semoga bermanfaat dan membantu Anda. Selamat memasak.

Iklan
BAGIKAN