Carica: Buah Unik Khas Dieng yang Menyegarkan

Jika anda traveling ke daerah wisata Dieng, mulai dari wilayah Banjarnegara (pasar Batur sampai ke Dieng), Anda akan melihat tanaman yang mirip pepaya namun memiliki buah yang sangat kecil. Besarnya hanya seukuran kepalan tangan. Mungkin Anda akan mengira jika itu adalah pohon pepaya, padahal bukan. Inilah yang dinamakan pohon carica, buah khas yang ada di daerah Dieng.

Bentuk pohon carica

Tinggi pohon carica yang mulai berbuah sekitar 2 sampai 3 meter dengan lingkar pohon sekitar 10 cm sampai 15 cm. Inilah perbedaan antara pohon carica dan pohon pepaya. Pohon pepaya memiliki lingkar pohon yang lebih besar sedangkan pohon carica memiliki lingkar pohon yang kecil, namun menyerupai pohon pepaya.

Iklan

Tingginya pohon carica dan pohon pepaya identik atau mirip. Selain pohonnya, buah carica juga mirip dengan buah pepaya, namun ukurannya lebih kecil. Ukuran buah carica hanya sekitar satu genggaman tangan. Untuk daun, pohon carica mirip sekali dengan daun pepaya, mungkin kita bisa menyebutnya sebagai pepaya khas Dieng karena bentuk buahnya sangat mirip dengan buah pepaya.

Perbedaan dan persamaan buah pepaya dan buah carica

Sudah kita dijelaskan di atas, bahwa buah pepaya lebih besar daripada buah carica, namun Ketika Anda melihat sekilas maka akan sangat mirip dengan buah pepaya yang masih kecil. Ketika anda membelah buah carica ini, maka di dalam buah carica terdapat biji dan serat buah yang sangat harum melebihi buah pepaya, bahkan bisa saya katakan harumnya seperti minyak wangi.

Tentunya ini berbeda dengan buah pepaya, karena jika kita belah hanya akan berisi biji dari buah pepaya tersebut. Harum buah pepaya pun tidak terlalu menyengat.

carica matangKetika mentah buah carica cenderung sama dengan buah pepaya, namun ketika buah carica sudah mulai matang maka buah ini akan mengeluarkan aroma buah khas carica, harum buah ini seperti minyak wangi.

Jika buah pepaya bisa dimakan langsung ketika sudah matang, buah carica ini harus kita olah dahulu sebelum kita konsumsi. Hasil olahan buah carica inilah yang menjadi khas dan oleh-oleh ketika Anda berwisata ke daerah Dieng.

Harga 1 boks kecil berisi 6 bungkus carica harganya Rp 30.000, sedangkan untuk boks yang agak besar harganya sekitar Rp 60.000. Manisan ini sangat nikmat sekali karena buah carica terasa kenyal di lidah dan memiliki cita rasa yang khas, berbeda dengan buah yang lainnya.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC