Ciri-ciri Pemimpin Ideal dalam Lembaga

Berbicara tentang pemimpin ideal dalam sebuah lembaga tidak terlepas dari karakter manusia secara personal. Pemimpin tidak diciptakan dan juga tidak dibentuk secara paksa. Pemimpin lahir dengan karakternya masing-masing.

Untuk memilih seorang pemimpin dalam sebuah lembaga harus melewati pertimbangan yang matang. Hal ini karena biasanya aturan sebuah lembaga yang memberikan batas waktu atau periode yang tidaklah singkat. Kesalahan dalam memilih pemimpin ideal tentunya akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan lembaga.

Oleh karena itu sebelum memilih seorang untuk menjadi pemimpin sebuah lembaga maka sebaiknya mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciri pemimpin ideal. Berikut adalah ciri-ciri pemimpin ideal.

Bertanggung jawab

Sebagai pemegang kebijakan tertinggi pemimpin haruslah bisa bertanggung jawab. Tanggung jawab seorang pemimpin meliputi tanggung jawab terhadap kebijakan yang diambil, tanggung jawab kepada seluruh anggota lembaga, tanggung jawab kepada diri sendiri dan juga tanggung jawab kepada masyarakat luas. Pemimpin yang ideal selain bertanggung jawab secara internal dalam tubuh lembaga juga harus bisa bertanggung jawab secara eksternal yaitu masyarakat luas karena keberadaan lembaga yang selalu berinteraksi dengan masyarakat luas.

Mampu mendelegasikan tugas

Menjadi seorang pemimpin bukanlah orang yang bisa mengerjakan semua hal, meskipun pada dasarnya harus tahu cara pengerjaannya. Namun lebih dari itu, pemimpin ideal adalah orang yang mampu mendelegasikan tugas kepada setiap anggotanya. Posri dan batas waktu harus bisa disesuaikan dengan kemampuan dan fungsi dari setiap anggotanya.

Pemimpin ideal harus jujur

Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam konsep kepemimpinan. Tanpa kejujuran maka jalannya lembaga tidak akan menemukan arah yang tepat. Selalu ada kecurangan yang akan terjadi ketika seorang pemimpin tidak dapat dipercaya baik itu dari segi perkataan maupun tindakannya.

Memiliki sikap positif

Untuk mencapai tujuan yang tertuang dalam visi misi lembaga maka hal penting yang harus dimiliki pemimpin ideal adalah sikap positif. Bagaimana mengatur rencana kegiatan dengan arah yang menguntungkan baik itu dari pengurus lembaga maupun masyarakat luas yang kemungkinan terkena dampak dari program yang akan dijalankan. Sikap positif menjadi sangat penting karena tanpa sikap itu lembaga tidak mempunyai kredibilitas yang baik di mata masyarakat.

Manajemen yang baik

Tanggung jawab sepenuhnya seorang pemimpin adalah mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan lembaga. Baik itu tentang program kerja, anggota, juga hubungan dengan masyarakat luas. Kemampuan manajerial yang baik akan membuat lembaga berjalan dengan baik dan sehat.

Kalau mau disederhanakan maka seorang pemimpin ideal adalah pemimpin yang sehat jika dilihat dari kacamata kecerdasan intelektual, emosional dan juga spiritual. Ketiga hal ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal. Bukan berarti bahwa pemimpin harus mempunyai kemampuan berhitung lebih dari yang lain, bukan juga orang yang paling jago dalam beretorika. Pemimpin ideal hanya perlu mempunyai kemampuan untuk menempatkan diri di setiap keadaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here