Dua Hal Unik yang Terjadi Saat Kebakaran

Indonesia adalah salah satu negara yang paling unik di dunia, bukan hanya dari kuliner dan kekreatifan masyarakat maupun keindahan pariwisatanya. Akan tetapi di Indonesia sendiri memiliki hal unik ketika terjadi sebuah bencana. yang belum tentu hal tersebut ada di setiap negara, contohnya ketika terjadi kebakaran.

Kita bisa melihat beberapa hal unik dari foto yang saya ambil ketika terjadi kebakaran kandang ayam. Hal seperti ini akan selalu kita temui ketika terjadi kebakaran yang menimpa salah satu orang di lingkungan kita, dua hal unik yang akan selalu kita temui saat kebakaran adalah:

1. Tim rescue dadakan

Meskipun di Indonesia tidak menerapkan wajib militer bagi setiap warganya, tetapi warga negara Indonesia lebih sigap dari pada negara-negara lain yang menerapkan wajib militer.

Karena ketika terjadi kebakaran semua warga sekitar berbondong-bondong ikut menyelamatkan benda milik korban. Jika terjadi kebakaran toko maka orang-orang kampung atau tetangga terdekat akan ikut menyelamatkan benda-benda yang masih bisa diselamatkan.

Ketika terjadi kebakaran rumah maka orang-orang akan berbondong-bondong untuk ikut membantu pemilik rumah untuk mengeluarkan segala benda yang masih bisa diselamatkan. Seperti halnya ketika terjadi kebakaran kandang ayam, orang-orang ikut menyelamatkan bibit ayam yang tertimpa reruntuhan kebakaran.

Selain benda yang bisa diselamatkan, orang-orang juga akan ikut berbondong-bondong menjadi sukarelawan secara otomatis untuk ikut menyelamatkan korban ketika terjadi musibah contohnya kebakaran.

Iklan

2. Menjadi tim pemadam kebakaran dadakan

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, kita bisa melihat orangtua membawa ember yang berisi air untuk menyiram kandang ayam yang tengah terbakar. Di kehidupan nyata hal ini kerap sekali terjadi. Masyarakat berbondong-bondong untuk mengambil air dengan ember dan peralatan sederhana untuk membantu memadamkan kebakaran sebelum pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Hal ini dilakukan dengan sukarela, secara otomatis dan spontan. Hal ini mencerminkan bahwa rasa kekeluargaan, kebersamaan antar warga masih terbina dengan baik. Jika rasa kebersamaan tidak terjalin dengan baik, tidak mungkin orang-orang rela untuk mengambil bahaya demi menyelamatkan rumah tetangga mereka?

Inilah 2 hal unik yang selalu ada ketika terdapat kebakaran di sebuah daerah.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC