Dulu Sekarang: Pawai Obor vs Pawai Motor

Budaya, dari masa ke masa selalu berubah dan berkembang, entah itu berubah menjadi lebih baik maupun berkembang menjadi lebih buruk. Demikian halnya dengan perayaan malam Idul Fitri, yang dahulunya dirayakan dengan pawai menggunakan obor bersama masyarakat, berkumpul dan bersatu, sekarang berubah menjadi pawai kendaraan bermotor yang terkadang tanpa takbir dan rawan kecelakaan.

Boleh saja pawai menggunakan kendaraan bermotor asalkan mendapat izin oleh pihak keamanan. Karena jika kita lihat keadaan sekarang ini jalanan penuh macet oleh orang-orang yang sedang berkendara mudik menuju kampung halaman mereka. Jika kita paksakan untuk pawai kendaraan bermotor akan membuat jalanan semakin macet dan akan saling mengganggu kepentingan bersama.

Jika memang keadaannya memungkinkan, bolehlah kita menggunakan kendaraan bermotor untuk berpawai. Namun apabila pihak kepolisian melarang, janganlah marah, janganlah menyalahkan, karena mereka juga memiliki pertimbangan keamanan.

Tentu, kita boleh kita merayakan, boleh kita bersukacita, tetapi kita harus tetap menghormati kepentingan bersama. Agar malam Idul Fitri tahun ini berjalan lancar, tanpa keributan apalagi kecelakaan, dan berakhir dengan keindahan.

Selamat Idul Fitri Taqabbalallahu Minna wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin!

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC