Empat Kompetensi Dasar yang Harus Dimiliki oleh Calon Guru

Guru adalah tokoh sentral dalam dunia pendidikan. Seorang guru bertanggung jawab memberikan pertolongan pada peserta didik untuk mencapai tingkat kedewasaan agar mampu berdiri sendiri. Mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai makhluk sosial dan sebagai individu.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka seorang guru harus memiliki 4 kompetensi dasar sebagai berikut:

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang guru dalam mengelola sebuah kelas. Mengelola interaksi pembelajaran bagi peserta didik agar situasi belajar dan mengajar menjadi kondusif.

Kompetensi pedagogik mencakup pemahaman dan pengembangan potensi peserta didik. Selain itu, kompetensi ini juga mencakup perencanaan dalam melaksanakan pembelajaran dan juga sistem evaluasi pengajaran.

Praktis, kompetensi pedagogik adalah kompetensi dasar yang mutlak harus dimiliki seorang guru agar dia mampu menciptakan perencanaan yang baik, mengelola situasi kelas dengan baik dan membuat evaluasi pengajaran yang baik.

2. Kompetensi Kepribadian

Tidak bisa dipungkiri,  seorang guru adalah contoh dan teladan bagi peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki kepribadian yang baik dan berakhlak mulia serta memiliki kewibawaan di mata peserta didik. Sehingga dalam proses belajar mengajar, siswa atau peserta didik bisa menduplikasi dan mencontoh apa yang dilakukan oleh gurunya.

✔ Populer :  Beberapa Kiat Agar Anda Menjadi Guru Idaman Anak Didik

2. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional seorang guru adalah kemampuan dalam menguasai materi pelajaran, penguasaan kurikulum dan silabus sekolah, metode yang akan diajarkan, bidang studi serta wawasan dan pengembangan etika pengajaran.

Dalam hal ini guru dituntut untuk bisa mengembangkan kurikulum sebaik mungkin agar tujuan dalam pendidikan bisa tercapai dengan baik. Dengan kompetensi ini seorang guru dituntut untuk bisa menguasai materi pelajaran, silabus pelajaran serta metode pengajaran yang akan dilakukan. Seorang guru juga harus menguasai bidang studi yang akan diajarkan. Sehingga dalam melakukan kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik, efektif dan optimal.

4. Kompetensi Sosial

Seorang guru adalah manusia yang harus mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat tempat dia tinggal. Seorang guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif, efisien, baik dan santun, baik dengan peserta didik, sesama guru, orang tua maupun masyarakat sekitar. Sehingga guru bukan hanya menjadi teladan di sekolahnya tapi juga bisa menjadi teladan di masyarakat.

✔ Populer :  Kapan Sertifikasi Guru 2016 Dimulai

Gelar guru tidak hanya melekat di sekolah tapi ia juga melekat pada dirinya dan ini tidak bisa dilepaskan sampai akhir hayat. di mana pun dan kapan pun seorang guru berada. Sehingga guru harus bisa menjaga sikap, sifat dan kepribadiannya, karena ia dipandang oleh masyarakat sebagai teladan.

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992