Fase Perkembangan Dewasa yang Akan Dialami oleh Setiap Orang

Perkembangan dewasa berlangsung mulai dari usia 21 sampai 40 tahun. Sebelum memasuki fase perkembangan dewasa, manusia akan memasuki fase perkembangan remaja, yang biasanya berlangsung pada usia 21 sampai 22 tahun. Pada usia ini seorang manusia masuk pada fase perkembangan remaja akhir.

Sedangkan para ahli juga berasumsi bahwa pada masa puber akhir, organ-organ jasmaniah tertentu masih terus berkembang meskipun perkembangannya sangat lambat dan proses perkembangan ini berlangsung sampai usia 24 tahun.

Iklan

Setelah melewati masa puber akhir dan memasuki fase dewasa, perkembangan yang berlangsung pada fase ini adalah sebagai berikut:

  1. Mulai mencari nafkah jika tidak melanjutkan karir dalam dunia akademik.
  2. Mulai memilih teman atau pasangan hidup.
  3. Memasuki kehidupan rumah tangga.
  4. Mengelola tempat tinggal.
  5. Membesarkan anak dan menyediakan segala kebutuhannya.
  6. Menerima tanggung jawab kewarganegaraan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara tempat tinggal.
  7. Menemukan kelompok sosial yang sesuai dengan dirinya.

Dari semua poin di atas, ada poin penting yang sering menjadi permasalahan dalam fase dewasa ini yaitu terutama pada tugas:

Mencari pendamping hidup

Setelah seseorang melewati usia 24 dan mulai masuk dalam fase dewasa ini, akan ada tuntutan tak tertulis dari lingkungan keluarga dan juga masyarakat, agar seseorang yang sudah masuk dalam fase dewasa untuk mencari pasangan hidup.

Tuntutan ini, akan lebih terasa terutama bagi seorang wanita. Dari sinilah biasanya rasa gundah dan kegalauan akan dialami oleh seseorang yang mulai masuk dalam fase dewasa.

Iklan

Oleh karena itu biasanya seorang wanita akan mulai memilih pasangan dengan kriteria yang dia miliki ketika sudah masuk dalam fase ini. Semua orang menginginkan pasangan hidup dan dalam fase inilah biasanya orang-orang mulai serius mencari pasangan hidup yang setia, yang sehidup semati dan tidak akan bermain-main lagi dalam urusan asmara.

Mencari nafkah

Himpitan ekonomi yang semakin mendesak membuat seseorang mulai berpikir mandiri. Tuntutan akan kebutuhan dan kemandirian akan semakin terasa bagi seseorang yang sudah masuk dalam fase ini. Terutama bagi lelaki, yang menyandang gelar sebagai kepala rumah tangga akan semakin mendesak dirinya untuk keluar mencari pengalaman dan penghasilan.

Oleh karena itu titik kegalauan juga akan dialami oleh lelaki pada fase ini. Namun jika semuanya sudah dipersiapkan sejak awal maka kita bisa menghindari kegalauan ini, yaitu dengan merintis usaha dan kemapanan sejak dini.

Membesarkan anak

Dalam fase ini membesarkan anak adalah tanggung jawab kedua belah pihak yaitu pihak perempuan dan pihak lelaki. Oleh karena itu jika Anda telah memasuki fase ini seharusnya harus mulai belajar tentang cara membesarkan anak dengan cara yang baik dan benar.

Inilah 7 tugas perkembangan pada fase dewasa yang akan dilalui oleh setiap manusia.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC