Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Pengembangan Media Pengajaran

Pengembangan media pembelajaran adalah suatu usaha penyusunan program media pembelajaran yang lebih tertuju pada perencanaan media-media yang akan ditampilkan atau digunakan dalam proses belajar-mengajar. Pengembangan media harus direncanakan dan dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Di samping itu, juga harus disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran yang akan diajarkan. Memilih dan merencanakan pengembangan media pembelajaran harus direncanakan secara baik. Oleh karena itu seorang guru perlu memerhatikan dasar pertimbangan pengembangan media pengajaran itu sendiri.

Dasar pertimbangan pengembangan media yang harus diperhatikan oleh guru:

1. Adanya keterkaitan media yang akan digunakan dengan proses belajar mengajar

Agar penggunaan media pengajaran bisa maksimal seorang guru harus memahami karakteristik dari media yang akan digunakan. Sehingga bisa disesuaikan dengan materi ajar yang akan disampaikan kepada peserta didik. Selain dari memahami karakteristik media pembelajaran. Seorang guru juga harus bisa memahami karakteristik dari peserta didik yang akan diajar menggunakan media pembelajaran yang telah dipilih oleh guru.

2. Memperhatikan sasaran yang akan dituju

Seorang guru harus benar-benar memahami karakteristik dari siswa yang akan diajar. Sehingga dia tahu dengan jelas karakteristik dari siswa yang akan dituju sebagai objek sasaran media pengajaran yang digunakan.

✔ Populer :  Peranan Komunikasi dalam Pendidikan

Seorang guru dituntut untuk memahami tingkat kepahaman seorang siswa terhadap materi yang telah disampaikan.Sehingga sasaran yang akan dituju yaitu siswa bisa menerima dan dapat memanfaatkan media yang digunakan itu secara maksimal

Seorang guru diharuskan mengetahui dengan jelas sasaran media pengajran tersebut karena media pengajaran sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Karena karakter tiap kelompok siswa itu pada hakekatnya berbeda-beda.

3. Memahami karakteristik peserta didik

Dalam mengembangkan media guru harus mengetahui karakteristik dari peserta didiknya sebelum mengembangkan media. Guru juga harus mengetahui pengetahuan dan keterampilan awal peserta didik maupun pengetahuan prasyarat yang dimiliki siswa yang menjadi sasaran dari media tersebut.

4. Memperhatikan manfaat dari media pengajaran

Hal ini berarti bahwa guru harus memahami dengan baik bahwa media yang dia kembangkan  benar-benar dibutuhkan oleh siswa

5. Memperhatikan dampak penggunaan media pengajaran

Mempertimbangkan dampak apabila tidak menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah media pengajaran mempengaruhi intelektual siswa atau tidak. Karena media yang baik adalah media yang mampu meningkatkan tingkat kepahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Di sinilah dibutuhkan kecakapan guru dalam memilih media pengajaran.

✔ Populer :  Pengertian Manajemen dalam Pendidikan

6. Adanya keterkaitan dengan materi pengajaran

Seorang guru harus memperhatikan dengan baik materi akan diberikan dan media yang akan digunakan sehingga terjadi kesesuaian antara materi dengan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992